Rute Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Sukajadi dan Jalan Cipaganti Juli 2019




Rekayasa Lalu Lintas Jalan Sukajadi

Dishub Kota Bandung bersama Satlantas Polrestabes Bandung siap menjalankan uji coba rekayasa jalan di kawasan Sukajadi mulai pekan depan. Selama satu pekan terhitung sejak 11 Juli 2019, arus kendaraan Jalan Sukajadi dan Jalan Cipaganti akan mengalami perubahan besar. Rencana tersebut disampaikan dalam acara "Bandung Menjawab" di Taman Sejarah Balai Kota Bandung, Kamis (4/7/2019).

Kepala Seksi Manajemen Transportasi Dishub Kota Bandung, Sultoni menuturkan, sesuai dengan rencana sebelumnya, yaitu:

1. Jalan Sukajadi satu arah
Jalan Sukajadi akan menjadi satu arah dari Jalan Pasteur ke Jalan Setiabudi.

2. Rekayasa lalu lintas Jalan Cipaganti
Arus Jalan Cipaganti yang dibalik arahnya menjadi dari Jalan Setiabudi menuju ke Pasteur dengan tetap dipertahankan satu arah.

3. Rute baru angkot melewati rute Jalan Sukajadi dan Jalan Cipaganti
Di samping itu, lanjut Sultoni, dari para pengelola transportasi umum juga siap menyesuaikan rute baru melalui kawasan Jalan Sukajadi dan Jalan Cipaganti. Setidaknya terdapat 11 transportasi umum yang melalui dua ruas jalan utama tersebut.

Trayek angkutan kota (angkot) yang melati Jalan Sukajadi dan Jalan Cipaganti adalah, Abdul Muis-Ledeng, Cicaheum-Ledeng, Cicaheum-Ciroyom, Margahayu Raya-Ledeng, Sederhana-Cipagalo, Cibaduyut-Karang Setra, St. Hall -Ciumbuleuit via Eyckman, St. Hall-Ciumbuleit via Cihampelas, Ciroyom-Sarijadi via Sukajadi, Ciroyom-Sarijadi via Setrasari Mall, serta DAMRI jurusan Leuwi Panjang-Ledeng.

“Rekayasa mulai 11 Juli hingga 18 Juli, setelah itu dievaluasi. Kalau melihat simulasi kemungkinan bisa dilaksanakan. Hanya saja perlu penyempurnan karena tidak bisa sekali uji coba langsung jadi. Kita ingin lalu lintas di Kota Bandung lancar,” kata Sultoni.

Sultoni menyatakan, berbagai pihak yang akan ikut terdampak dengan rekayasa jalan ini telah sepakat untuk mendukung dan menyukseskan. Di antaranya para pengelola pusat perbelanjaan, Rumah Sakit Hasan Sadikin, dan Rumah Sakit Advent.

“Kita juga mempertimbangkan masyarakat, para pelajar dan mahasiswa yang menggunakan angkot. Koperasi angkutan umum kita sudah koordinasikan mereka siap menyesuaikan rutenya. Damri juga sudah rapat koordinasi dan siap mendukung dan siap mengalihkan rutenya,” jelasnya.

Tak hanya itu, Sultoni juga memaparkan, rekayasa Jalan Sukajadi juga berdampak terhadap lokasi parkir. Sejumlah tempat parkir resmi keberadaannya bakal turut dievaluasi, sedangkan area parkir liar akan ditertibkan.

“Parkir akan kita benahi dan sesuaikan," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo menyatakan, rekayasa jalan di kawasan Sukajadi ini merupakan langkah tepat untuk saat ini.

“Kendala ada yang menolak, itu biasanya yang kepentingan pribadinya tidak terakomodir. Tapi prinsipnya rekayasa ini untuk kepentingan masyarakat," ucap Bayu.

Bayu memastikan Polrestabes Bandung beserta Dishub Kota Bandung akan memaksimalkan rencana rekayasa kawasan Sukajadi secara detail. Selain pemasangan rambu, sejumlah petugas khusus juga akan ditempatkan di beberapa titik rawan yang mengalami perubahan.

“Kita juga akan menempatkan sejumlah personil di titik-titik rawan kemacetan," tuturnya. (Humas Pemkot Bandung)

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS