Review

Dusun Bambu dan Empat Destinasi Wisata Jabar Lainnya Masuk Nominasi ISTA 2019

share to whatsapp



Dusun Bambu Nominasi ISTA 2019

Destinasi wisata Dusun Bambu di kawasan Jln. Kol. Masturi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat masuk nominasi Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019. Untuk wilayah Jabar, Dusun Bambu bersaing dengan empat destinasi lain untuk menjadi yang terbaik se-Indonesia. ISTA 2019 digelar oleh oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Berdasarkan hasil keputusan Juri ISTA 2019 pada Kamis, 27 Juni 2019 telah terpilih 37 destinasi yang menjadi Nominasi ISTA 2019. Untuk di Jawa Barat, total ada lima nominasi destinasi wisata yang masuk dalam ISTA 2019, yaitu:
1. Dusun Bambu di Cisarua, Bandung Barat
2. Desa Wisata Cibuntu di Kabupaten Kuningan
3. Wisata Alam Green Canyon di Kabupaten Pangandaran.
4. Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkubanparahu di Kabupaten Subang
5. Kampung Naga di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.

Berkaitan dengan ajang ISTA 2019, tim dari Kemenpar meninjau Dusun Bambu. Mereka memeriksa dan mengumpulkan dokumen bukti-bukti pendukung terkait objek wisata tersebut.  Hadir dalam kunjungan itu, Frans Teguh, pejabat dari Kemenpar yang juga Juri ISTA 2019, Asesor ISTA 2019 Amelda Pramezwary, Administratur (Adm) Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin, Kasi Pengelolaan Destinasi Parwisata, Disparbud KBB David Oot, dan dari DLH KBB. Turut hadir juga Kapolsek Cisarua AKP Ikhwan Heriyanto, Kepala Desa Kertawangi, dan perwakilan masyarakat.

Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA)
Sebagai informasi, Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) merupakan penghargaan dari Kementerian Pariwisata untuk destinasi yang telah menerapkan sistem pariwisata berkelanjutan. Ajang ISTA diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata untuk ketiga kalinya pada tahun ini dan terbuka untuk seluruh pengelola destinasi Pariwisata baik pengelola kawasan, agen travel, penyedia jasa, yayasan, maupun masyarakat lokal.

ISTA dilaksanakan bukan sebagai kompetisi untuk membandingkan antar destinasi/daya tarik wisatawan/bisnis pariwisata, akan tetapi untuk memotivasi destinasi lainnya agar dapat meningkatkan pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Selain itu, ajang ISTA ini juga dibuat untuk membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat serta para pelaku pariwisata mengenai Kegiatan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan serta memberikan apresiasi kepada destinasi-destinasi yang telah menerapkan prinsip Pariwisata berkelanjutan.

Para Pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) nantinya akan diumumkan pada malam penganugeragan yang berlangsung pada 27 September 2019 untuk memenangkan hadiah dengan total 1 Miliar dan akan diajukan pada ajang penghargaan serupa di tingkat ASEAN, yaitu ASEAN Sustainable Tourism Award (ASTA). Tahun lalu The Lodge Maribaya berhasil mendapatkan penghargaan ISTA tingkat nasional.




share to whatsapp