Review

Inilah Rangkaian Acara Hari Jadi ke-209 Kota Bandung Tahun 2019

share to whatsapp



Rangkaian Acara Hari Jadi Kota Bandung ke 209

Kota Bandung mulai dijadikan sebagai kawasan permukiman sejak pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Tepatnya melalui Gubernur Jenderalnya waktu itu Herman Willem Daendels. Sang Gubernur Jenderal mengeluarkan surat keputusan tanggal 25 September 1810 tentang pembangunan sarana dan prasarana untuk kawasan ini. Dikemudian hari peristiwa ini diabadikan sebagai Hari Jadi Kota Bandung. Dan pada 25 September 2019, Kota Bandung berusia 209 tahun.

Berikut ini rangkaian acara Hari Jadi ke-209 Kota Bandung:

1. Bandung Great Sale
Sebanyak 2.000 tenant di 17 pusat perbelanjaan akan memberikan diskon besar pada 7 September hingga 6 Oktober 2019. Pusat perbelanjaan tersebut di antaranya 23 Paskal Shopping Center, Bandung Indah Plaza, Istana Plaza, Cliksquare, Cihampelas Walk, Pasar Baru Trade Center, Festival City link, PvJ, Plaza Parahyangan, Transtudio Mall, Miko Mal, Ubertos, MIM, BTC, BEC, dan Braga City Walk. Tak Hanya itu, retail seperti Yogya Deptartemen Store, Indomaret, dan Alfamart juga memberikan program diskon menarik.

2. Event di Teras Sunda Cibiru
Jumat, 20 September 2019
15.30-22.00 WIB
Penampilan Seni Komunitas TSC
Deden DR Sadudulur

Sabtu, 21 September 2019
10.00-22.00 WIB
Komunitas Ular - Debus - Jaipong

Pencak Silat - Reog - Komedi - Live Music

3. Musiconic
Digelar tanggal 22-27 September di De Majestic. Selain musik bergenre pop, pop-rock, jazz, dan lainnya, musik-musik tradisional yang belakangan ini mulai dilupakan juga bisa dinikmati di acara Musiconic 2019. Salah satunya musik keroncong yang menjadi musik perjuangan kemerdekaan yang perlu kita apresiasi dan terus lestarikan. Ada juga band yang akan berkolaborasi dengan saung angklung Udjo, tradisi yang menjadi jati diri kota Bandung ini dapat kita nikmati dengan sajian yang berbeda di Musiconic 2019.

4. Talkshow Kolasme
Peringatan World Tourism Day juga dilaksanakan di De Majestic Bandung (27/09/2019). Acara meliputi Talkshow Kolasme “Pengembangan Pariwisata dalam Sektor Ekonomi Kreatif” serta Pemutaran Film Kolasme

Kolasme (Kolase Turisme) adalah suatu bentuk eksibisi yang mengajak seluruh pelaku kreatif untuk mengenali pariwisata sebagai bagian dari masyarakat kreatif turisme, salah satunya lewat pemutaran film. Film yang diputar terkait dengan berbagai kegiatan kreatif yang terselenggara di Kota Bandung sepanjang tahun 2019. Acara ini juga bekerja sama dengan tim pengelola sub-sektor Bandung Creative Hub.

5. Bandung Traveller Friendly City
Digelar di Taman Dewi Sartika, Balai Kota, Jumat (27/9/2019). Bandung Traveller Friendly City merupakan program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung untuk mengembangkan dan memperkuat posisi Kota Bandung sebagai kota wisata kelas dunia yang ramah terhadap wisatawan.

Desain dan strategi Bandung Traveller Friendly City diantaranya:
a. Community Based Tourism
b. Middle East Travellers Needs
c. Child Safe Tourism
d. Clean Tourist City
e. Special Needs Friendly

6. Bandung Tourism Festival
Akan diihelat di Taman Dewi Sartika, Balai Kota, Sabtu (28/9/2019).

7. Arti Bandung
Rangkaian acara Hari Jadi Kota Bandung ke-209 dalam gelaran "Arti Bandung" Ada berbagai persembahan menarik dari para seniman mulai dari kolaborasi Seni Musik, Seni Tari, Seni Sastra, Seni Rupa, dan Seni Teater

Arti Bandung juga akan digelar di beberapa titik di Kota Bandung, diantaranya:
Hari, tanggal: Minggu, 29 September 2019
Lokasi: Bandung Indah Plaza

Hari, tanggal: Sabtu, 5 Oktober 2019
Lokasi: Ciwalk Bandung

Hari, tanggal: Minggu, 6 Oktober 2019
Lokasi Bandung Indah Plaza

Hari, tanggal: Minggu, 13 Oktober 2019
Lokasi: Car Free Day Dago Eduplex

8. Bandung Glow Art Festival
Bakal diadakan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019. Glow Art Festival akan menjadi kemeriahan baru dalam perayaan hari jadi Kota Bandung pada 2019 ini. Beragam atraksi seni dan bidaya tradisi bakal dipadukan dengan kecanggihan teknologi siap menghibur warga Kota Bandung dan wisatawan.




share to whatsapp