Review

Museum Galeri Bahari, Destinasi Wisata Edukasi Kemaritiman di Bandung Barat

share to whatsapp



Museum Galeri Bahari Bandung

Di Kabupaten Bandung Barat kini telah hadir Museum Galeri Bahari (Mugaba) yang menyuguhkan suasana yang menyerupai Kapal Perang TNI Angkatan Laut. Museum ini diresmikan pada Minggu(1/9/2019) yang dihadiri Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., selaku Pembina Yayasan Mugaba didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., serta Ny. Endah Ade Supandi meresmikan Museum Galeri Bahari di Desa Pangauban, Batujajar, Kab.Bandung Barat, Bandung, Jawa Barat.

Dalam museum ini ada tiga segmen yang dirancang yakni pertama, segmen tentang jejak kehidupan seorang Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., kedua, segmen tentang kejayaan maritim dan ketiga, tentang kearifan lokal Kerajaan Sunda.

“Museum Galeri Bahari (Mugaba) Banuraja sengaja dibangun di tanah leluhur, karena sebagai putra daerah ingin mengangkat harkat derajat daerah setempat dengan menjadikannya sebagai sebuah definasi edukasi dan pariwisata yg dapat memberikan nilai manfaat bagi kebangkitan ekonomi serta dapat mendorong tumbuhnya kembali kesenian dan budaya lokal,”, ungkap Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi.

Dalam kesempatan ini, Wakasal Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., antara lain mengatakan Indonesia dikarunia letak geografis yg sangat strategis dan menguntungkan dgn sumber daya alam yang melimpah.

Museum Galeri Bahari atau biasa disebut Mugaba akan menjadi destinasi baru bagi yang ingin berwisata edukasi untuk lebih mengenal tentang kemaritiman. Lokasi museum berbentuk kapal laut berwarna putih ini di Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Lokasinya di kawasan Waduk Saguling, tak jauh dari sentra kuliner saung apung yang banyak berdiri di sini.

Di museum yang memiliki tiga lainya ini, pengunjung bisa engetahui perkembangan pelayaran Nusantara pada sebelum dan sesudah kemerdekaan di museum yang akan diresmikan dalam waktu dekat ini. Juga ada diorama, arsip sejarah, film hingga simulator untuk mengendarai kapal laut. Museum galeri bahari didirikan oleh mantan Kasal Laksamana TNI (Purn.) Ade Supandi.

Adapun di lantai dasar disuguhkan koleksi berupa buku hingga lukisan yang menyangkut tentang kemaritiman. Sementara di lantai 2 ada cafe. Adapun di lantai 3, pengunjung bisa melihat sekeliling kawasan Waduk Saguling. Di museum berbentuk kapal ini cocok juga buat berswafoto.

Lokasi Museum Galeri Bahari ini berdekatan dengan tempat wisata kuliner De Lempung Kuring. Lokasinya di Jln. Banuraja, Desa.Pangauban, Kec.Batujajar, Kab. Bandung Barat. Buat aksesnya bisa dari keluar tol Padalarang ambil ke arah Wadu Saguling melewati Jln. Batujajar (pelatihan Kopassus) terus ke Jln. Galanggang -Jln. Pangauban. Patokannya pas ada Museum Bahari langsung belok kiri (sebelum Villa Perancis).




share to whatsapp