5 Fakta Bumi Perkemahan Kiarapayung di Jatinangor Jadi Tempat Camping Pilihan

Fasilitas Bumi Perkemahan Kiarapayung

Berhubung pengunjung setia wisatabdg.com banyak yang nanyain tempat-tempat kemping di Bandung, pada Sabtu malam Minggu (16/11/2019), tim mencoba menjajal salah satu tempat perkemahan yakni di Kiarapayung, Jatinangor. Ini sebagai upaya untuk "merekam" hal-hal apa saja yang menarik buat di-share ke temen-temen mengenai salah satu camping ground favorit ini. Nah, buat yang pengen ngerencain liburan sambil berkemah, berikut ini beberapa alasan kenapa Kiarapayung Camp Ground direkomendasikan bisa jadi tempat kamu dan teman-teman berkemah bersama di sini.

1. Aksesnya mudah dijangkau
Lokasinya yang tak jauh dari perbatasan Bandung - Sumedang, menjadikan Bumi Perkemahan Kiarapayung tak sulit dilalui. Dari keluar tol Cileunyi perjalanan kurang dari setengah jam bila dalam kondisi lalu lintas normal. Buat bawa mobil atau touring dengan motor pun bisa karena jalan yang dilalui dari arah Jatinangor ke Kiarapayung kondisinya bagus.

Keluar dari tol Cileunyi belok kanan ke arah Unpad Jatinangor, lalu di gerbang Unpad ambil kiri (gapura) ke arah Kiarapayung melewati proyek tol Cisumdawu. Udah sampai di gerbang Kiarapayung bayar tiket dan buat fasilitas. Terus ke arah lokasi kemping (ambil yang jalur kanan aja).

Begitu pula bila mau ke Kiarapayung naik kendaraan umum, bisa naik bus DAMRI jurusan ke Jatinangor (jurusan Dipatiukur - Jatinangor, Elang Jatinangor, Kebon Kalapa - Tanjungsari). Bila naik angkot, naik jurusan Cileunyi - Tanjungsari turun di dekat gerbang Unpad/Kampus II ITB. Dari sana bisa naik ojek. Transportasi lainnya bisa naik layanan transportasi online ataupun bus luar kota dari arah barat jurusan ke Sumedang.

2. Cocok buat semua kalangan
Kiarapayung merupakan tempat kemping yang terbilang ramah alias gak bikin ribet. Bagi keluarga yang pengen bawa anak-anaknya kemping pun bisa banget. Dari akses, lama perjalanan ke lokasi, fasilitas, sampai kondisi tempat kempingnya nyaman. Kita bisa memilih area mana yang bakal jadi spot buat pasang tenda. Tempat kemping ini cocok juga buat yang mau ngegelar gathering, kegiatan Pramuka, sekolah, hingga kegiatan anak-anak kampus.

3. Fasilitas lengkap
Setelah direvitalisasi pada era Presiden SBY tahun 2006 dulu, Kiarapayung Camp Ground makin nyaman. Ya, dibandingkan dengan zaman sebelumnya yang terkesan kurang terurus. Fasilitas di sini terbilang lengkap, dari adanya area-area buat pasang tenda yang bersih, toilet beberapa kamar, penyewaan tenda dan listrik, warung-warung penjual makanan, dan lainnya. Utamanya urusan ketersediaan air di sini terjamin bagi mereka yang tengah kemping.

Bahkan sinyal HP pun di sini yang kami coba, tak menemui kendala alias normal tidak seperti di tempat-tempat kemping lain dimana sinyal biasanya lost. Di sini pun terdapat penunjang lain dari akses ke Klinik Padjadjaran yang tinggal ke bawah dekat gerbang sampai masjid dan saung-saung.

4. Cocok buat motret
Lokasinya yang berada dekat kaki Gunung Manglayang, menjadikan Buper Kiarapayung cocok banget buat yang suka hunting foto. Pemandangan punggung Gunung Manglayang terlihat indah dan pas banget buat objek berfoto. Sementara di sebelah timur terlihat Gunung Geulis yang bila pagi hari bagus banget pemandangannya.

Adapun bila memalingkan pandangan ke arah selatan, pemandangan permukiman Bandung timur terlihat jelas, apalagi bila tidak terhalang awan. Untuk pemandangan panorama alam ini cocoknya dipotret saat pagi dan sore hari. Nah, malamnya buat yang hobi motret keindahan langit atau Milkyway, bisa menjajal skill kamu dalam memotret.

5. Dekat dengan lokasi wisata Bandung Timur
Buat yang mo nerusin petualangan di Bandung Timur dari Kiarapayung, kamu bisa mengunjungi tempat wisata lain. Salah satunya di area kampus Unpad Jatinangor ada Jembatan Cincin. Lalu dekat Kampus II ITB ada Menara Loji peninggalan Belanda. Kalo mau petualang hiking, bisa juga diteruskan mendaki ke Gunung Manglayang sekalian kemping lagi tempat camping hutan pinus Batu Kuda.

Tempat wisata lain yang dekat dari Kiarapayung diantaranya: sentra kerajinan di Cipacing, bisa masuk dari arah Cibeusi atau Jln. Sayang ke Rancaekek. Lokasi lainnya di Tanjungsari ada tempat wisata Kampung Ciherang yang lagi ngehits. Dari Kiarapayung bisa juga ke tempat wisata Curug Cinulang yang ada di Cicalengka (masuk dari jalan by pass Cicalengka).