Bank BJB

Bank BJB

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Biar Lebih Mengenal Bandung Lebih Dekat






Mengenal Bandung lebih dekat

Kamu termasuk salah satu yang kangen sama Bandung? Pesona Bandung memang jadi kenangan tersendiri bagi mereka yang pernah merasakan keindahan kota ini. Buat kamu yang belum bener-bener tahu Bandung dan pengen lebih mengenal Bandung, berikut ini info-info seputar Bandung yang mungkin bisa jadi referensi kamu.

1. Wilayah administratif Bandung Raya
Buat kalian yang masih bingung dengan sebutan "Bandung", buat orang Bandung sendiri terutama yang tinggal di Kabupaten, Bandung, sebutan "Bandung" adalah untuk wilayah adminsitratif Kota Bandung (dulu Kotamadya Bandung) atau bila ada yang nanya mau ke mana, cukup jawab "Rék ulin ka Kota" (mau main ke Kota [Bandung]).

Kawasan Bandung Raya sendiri punya empat wilayah administratif, yaitu:
a. Kota Bandung
Ini tempat beradanya Alun-Alun Bandung, Gedung Merdeka, Gedung Sate, Stadion GBLA, Masjid Raya Al-Jabbar, Jalan Layang Pasupati, Terminal Leuwipanjang, Stasiun Bandung, Terminal Cicaheum, Cihampelas, dan kawasan wisata lainnya. Ini sebagai Ibu Kota Jawa Barat yang pusat pemerintahannya di Gedung Sate. Sementara pusat pemerintahan Kota Bandung ada di Gedung Balaikota Jln. Wastukencana (dekat Jln. Braga) yang ada Taman Sejarah dan Taman Dewi Sartika.

Beberapa kampus terkenal di Kota Bandung: ITB, Unpad (sebagian besar di Jatinangor, Sumedang) , Unpar, Unpas, Unisba, Unikom, ISBI, Itenas, Universitas Maranatha, UPI Bandung, LP31, UIN Bandung, Uninus, Polban, NHI, Universitas Widyatama, Universitas Nurtanio, dll. Di Kota Bandung pun lokasi Bandara Husein Sastranegara yang satu area dengan pabrik pesawat PT Dirgantara Indonesia (dulu Nurtanio).

Museum-museum pun adanya di Kota Bandung, diantaranya: Museum Geologi, Museum Pos, Museum Sri Baduga, Museum Kota Bandung, Museum Gedung Sate, Museum KAA, Museum Mandala Wangsit (dikelola Kodam III/Siliwangi). Juga hotel-hotel terkenal di Bandung adanya di Kota, seperti Savoy Homann Hotel, Preanger, GH Universal, Hilton Bandung, Horison, Trans Luxury Hotel, Hotel Papandayan, Sheraton, Marriot Bandung, dll.

Untuk area publik pun banyak di Kota Bandung, dari Taman Alun-Alun, kawasan Gedung Merdeka, Taman Sejarah, Taman Lapangan Tegallega, kawasan Jln. Braga, Alun-Alun Cicendo, Alun-Alun Ujungberung, Kiara Artha Park, Teras Cikapundung, Teras Cihampelas, kawasan Dago, Monumen Perjuangan (Monju), hingga Lapangan Gasibu dekat Gedung Sate.

b. Kabupaten Bandung
Bagi yang biasa wisata ke Ciwidey atau Pangalengan, itu termasuk kawasan yang ada di wilayah Kab. Bandung. Pusat pemerintahannya ada di Soreang yang keluar tol Soroja. Buat perkebunan teh di Kab. Bandung seperti di Ciwidey, Rancabali, atau Gambung banyak tempat wisata yang dikelola oleh PTPN.

Lokasi lainnya yang jadi bagian Kab. Bandung adalah kawasan gerbang tol Cileunyi. Akses lain ke Kab. Bandung bisa via keluar tol Buah Batu belok kanan ke arah Terusan Buah Batu - Jln. Raya Bojongsoang (Bandung Selatan). Akses lainnya dari keluar tol Moh. Toha ke Dayeuhkolot.

Beberapa kawasan ikonik yang terkenal di Kab. Bandung ada Stadion Si Jalak Harupat (SJH) di Kutawaringin, sebelah barat Pemkab di Soreang. Juga untuk kampus ada Telkom University di kawasan Jln. Bojongsoang.

Kawasan lainnya yang termasuk Kab. Bandung adalah Cimenyan yang membentang antara Kota Bandung dan Lembang. Sebagian dari kawasan Tahura Juanda hingga Padasuka (Caringin Tilu) itu termasuk Cimenyan. Tempat wisata lain yang masuk Kab. Bandung ada di bagian Bandung Timur seperti kawasan Gunung Manglayang.

c. Kab. Bandung Barat
Ini bagi yang biasa wisata ke Lembang, Cikole, Cihideung, atau Cibodas, itu termasuk wilayah administratif Kab. Bandung Barat (KBB). Beberapa tempat wisata terkenal yang ada di kawasan Kab. Bandung Barat, yaitu: Gunung Tangkuban Parahu, Dusun Bambu, Curug Pelangi, Curug Malela, Stone Garden (Citatah/Padalarang), Waduk Cirata, Sanghyang Tikoro, Waduk Saguling, Floating Market, Orchid Forest, The Lodge Maribaya, Situ Ciburuy, hingga yang terbaru wisata The Great Asia Africa di Gudang Kahuripan dekat Farmhouse Lembang.

 Untuk akses ke KBB bisa dari arah Jln. Setia Budhi (Ledeng) ke Lembang, lewat Subang ke Tangkuban Parahu, atau dari arah Cimahi ke Jln. Kol. Masturi - Lembang.

d. Kota Cimahi
Dulunya sih Kota Adminsitratif (Kotif) dimana di sini pusatnya markas tentara. Kota Cimahi lebih dekat dengan kawasan Kab. Bandung Barat di sebelah barat.

2. Sentra belanja di Bandung Raya
Untuk tempat belanja memang terkenal di kawasan Kota Bandung seperti di Pasar Baru, sentra tekstil Cigondewah, pusat distro, Pasar Andir, Cihampelas, sentra sepatu Cibaduyut, dll. Untuk Kab. Bandung ada di kawasan Soreang yang terkenal sebagai pusat produksi gamis (busana muslim), jaket, hingga pakaian jeans. Lalu ada sentra pembuat topi di kawasan Jln. Sadang Rahayu atau sentra boneka di kawasan Kopo Sayati.

3. Oleh-oleh makanan di Bandung
Kalau buat toko oleh-oleh memang banyaknya di Kota Bandung, seperti di dekat Balubur Town Square (Baltos), Jln. Pasteur, Pasar Kosambi, Terminal Leuwipanjang, dan lainnya. Kalo di Kab. Bandung terkenal dengan bandrek (Ciwidey), borondong (Majalaya/Ciparay), kalua (Ciwidey), olahan susu (Pangalengan). Sementara di Kab. Bandung Barat terkenal dengan makanan wajit (Cililin) atau tape singkong (Cimenyan).

4. Jalan utama di Bandung
Memang, kadang ada yang bingung dengan jalan raya di Bandung. Patokan utamanya, dimana Anda akan keluar dari jalan tol. Kalo pengen ke Lembang, biasanya keluar tol Pasteur. Kalo pengen ke kawasan Alun-alun Bandung bisa keluar tol Moh. Toha, Pasirkoja, atau Buah Batu terus ke pusat kota.

Bila pengen ke kawasan wisata Ciwidey, sekarang sudah ada pintu tol keluar Soroja (Soreang - Pasirkoja. Mau ke Pangalengan? Bisa keluar tol Buah Batu atau Moh, Toha lewat Dayeuhkolot - Banjaran - Pangalengan. Adapun jalan besar/utama di Bandung yang menghubungkan barat dan timur yakni Jln. Ahmad Yani (utara/tengah kota) dan Jln, Soekarno-Hatta (selatan).

5. Ciri khas setiap wilayah
Wilayah Kota Bandung dikenal dengan taman-taman kotanya. Namun di Kab. Bandung pun sudah ada taman di kompleks Pemkab Bandung (area Gedung Sabilulungan). Kalo Kota Bandung lebih dikenal sebagai wisata pusat kota, kuliner, museum, wisata belanja, gedung-gedung bersejarah, hingga sentra kuliner. Kalau Kab. Bandung dan Kab. Bandung Barat terkenal dengan wisata alamnya, yaitu kawasan Lembang dan Ciwidey. Kalo Cimahi terkenal dengan wisata bangunan militernya.

Di Kota Bandung pun dikenal dengan event wisata yang biasa digelar di kawasan Jln. Asia Afrika, Jln. Cikapundung Timur (Jln. Ir Soekarno), hingga area Gedung Sate dan Lapangan Gasibu. Di Kota Bandung pun banyak tempat menggelar event, diantaranya ada Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) dekat kampus ITB, Lapangan Pussenif, Sport Jabar Arcamanik, Graha Manggala Siliwangi, kompleks Trans Studio Bandung, Taman Budaya Jabar (Dago), Jln. Braga, dll.