Review

Kampung Gamis, Sentra Produk Busana Muslimah di Soreang Kabupaten Bandung

share to whatsapp



Kampung Gamis Soreang

Industri rumahan (home industry) di Bandung dari dulu sudah berjalan secara turun temurun dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia hingga mancanegara. Aneka produk yang tersebar di pasar-pasar seperti Tanah Abang, Pasar Baru Bandung,  Pasar Andir, Tegal Gubug, dan lainnya tak sedikit yang disuplai dari Bandung. Untuk urusan produk sandang seperti celana jean's, jaket, topi, kaos, boneka, tas, perlengakapan outdoor, hingga busana muslimah banyak yang diproduksi di Bandung.

Tak heran bila di Bandung banyak sentra-sentra belanja tematik yang berhubungan langsung dengan usaha industri rumahan ini. Beberapa diantaranya seperti produk topi yang bisa ditemukan di daerah Mekar Rahayu (dekat Cigondewah/Margaasih). Juga sentra tas yang ada di kawasan blok ransel dekat Sayati/Sindangpalay. Ada pula sentra boneka di kawasan Pasteur dan Kopo Sayati. Hingga kawasan Soreang yang dikenal dengan sentra produk gamis.

Untuk yang terakhir, busana muslimah berupa baju gamis juga kerudung pusat produksinya di kawasan Soreang, Kab. Bandung. Di kawasan Soreang ini pun terdapat sebuah kampung dengan sebutan "Kampung Gamis". Lokasi Kampung Gamis ini di Desa Karamat Mulya.

Lokasi lainnya di Soreang yang terkenal sebagai sentra produk gamis ada di Desa Padasuka, Kecamatan Kutawaringin (dekat Stadion Si Jalak Harupay) yang telah dikenal sejak era '70an. Untuk di Desa Padasuka, konveksi pembuat busana muslim dan atasan terletak di RW 1, 2, 3, 4, 10, dan 13. Sementara pembuat celana legging dan jins berkumpul di RW 5, 6, 7, 8, 11, serta 12.

Salah satu produk andalan Desa Padasuka yang belakangan menjadi primadona ialah busana muslim untuk anak-anak. Produsen busana muslim Desa Padasuka terus berinovasi menghadirkan model baru agak tak ditinggalkan pelanggan.

Selain memproduksi rutin setiap hari, tentunya pula usaha seperti ini ada musimnya. Dan musim menjelang Lebaran, dipastikan sentra produk gamis di Soreang ini akan banjir orderan. Pemesan biasanya sudah pesan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan stok buat mereka jualan. Info dan kontak seputar Kampung Gamis bisa dilihat di halaman Facebook https://www.facebook.com/KampungGamis.