Bank BJB

Bank BJB

Kampung Singkur, Wisata Petualangan Alam di Hutan Pinus Rahong Pangalengan





Tempat wisata alam di Bandung Selatan ini bisa jadi pilihan bagi yang hobi menikmati keindahan alam. Berada di tengah hutan pinus, sensasi kesejukan alam dan wisata petulangan bisa pengunjung jalajal dengan arung jeram atau river tubing menggunakan ban. Adalah nama wisata Kampung Singkur yang kini menjadi tujuan primadona baru para wisatawan.

Wisata alam Kampung Singkur berlokasi di Desa Warnasari, Pangalengan, Bandung. Jarak yang ditempuh kurang lebih sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung atau sekitar dua jam perjalanan. Pasa Sabtu (28/12/2019), tim wisatabdg.com mencoba menjajal tempat wisata yang lagi ngetren ini.

Rute ke Kampung Singkur
Tim menyambangi tempat wisata ini dengan touring motor. Adapaun rute Jalan menuju ke lokasi Kampung Singkur dapat diakses melalui tol Soroja maupun tol Mohamad Toha. Bila pakai kendaraan bermotor, rutenya dari Bandung - Bojongsoang - Baleendah - Rencong - Banjaran - Cimaung - Pangalengan. Di Jln. Situ Cileunca yang ada turunan, ambil kanan ke hutan pinus Cirahong.

Perjalanan sekitar 10 menit dari jalan raya tadi dengan melewati perkebunan teh. Namun, ada beberapa titik jalan yang dilalui masih ada yang kurang bagus. Sesekali, pengendara akan berpapasan dengan mobil wara-wiri berupa bak terbuka yang dimodifikasi jadi pengangkut perahu karet buat arung jeram. Buat arung jeram sendiri, menurut pengelola, bisa dari titik start yaitu Situ Cileunca atau dari Kampung Singkur yang tadi diantar oleh mobil wara-wiri tersebut.

HTM, fasilitas, dan nomor kontak Kampung Singkur
Di sepanjang perjalanan, mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan teh dan hutan pinus.Untuk memasuki kawasan wisata Kampung Singkur pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 untuk anak-anak maupun dewasa

Sementara untuk parkir kendaraan dan memasuki wahana lainnya dikenakan biaya. Fasilitas yang disediakan di antaranya kegiatan outbond seperti paint ball dan flying fox. Fasilitas lain seperti sewa hammock, saung, dan spot-spot foto yang instagenic. Anda bisa berfoto di view deck dekat warung atau di sungai dengan pemandangan aliran sungai nan jernih di antara bebatuan. Tersedia juga fasilitas lainnya seperti tempat parkir, mushola warung-warung, dan wc umum.

Di sini, pengunjung bisa menjajal wahana arung jeram dan tubing trip menyusuri aliran sungai Palayangan di antara hutan pinus. Kampung Singkur juga menyediakan camping ground atau area perkemahan. Buat yang mau menginap ada empat pondok yang terbuat dari kayu. Untuk harga sewa pondok Rp300.000 per malam. Adapun buat wahana arung jeram, per orangnya dikenakan tarif Rp150.000.

Kontak Kampung Singkur: 0823-1518-1767 / 0812-2387-6123

Video wisata Kampung Singkur TONTON DI SINI