Review

Lembang Park and Zoo, Destinasi Wisata Edukasi di Cihideung

share to whatsapp



Lembang Park and Zoo

Kawasan Cihideung di Bandung Utara lekat dengan pesona wisata alamnya. Di sini dikenal dengan tempat wisata pembibitan bunga, wisata kuliner, penginapan, wisata pendidikan, hingga wisata outbond.

Dan menjelang akhir tahun 2019 ini, ada tempat wisata edukasi baru bernama "Lembang Park & Zoo". Memang, sampai tulisan ini dimuat belum banyak wisatawan yang tahu tempat wisata ini karena masih tahap trial opening. Rencananya, Lembang Park and Zoo akan dibuka resmi pada awal 2020.

Nah, biar gak ketinggalan informasi di tempat wisata edukasi bagi para pecinta hewan ini, Lembang Park and Zoo sendiri lokasinya di  Jln. Kolonel Masturi No. 171, Cihideung, Kab. Bandung Barat. Buat yang masih bingung, rute termudahnya bisa dari arah Pasteur - Jln. Setia Budhi (Ledeng), dan di seberang Terminal Ledeng ada Jln. Sersan Bajuri terus saja ke arah Cihideung. Akses lainnya bisa dari arah Cimahi dan Lembang (gapura) lewat Jln. Kol. Masturi. Biar lebih yakin, silakan lihat aja Lembang Park and Zoo di Google Maps.

Di tempat wisata yang belum 100% beroperasi ini untuk liburan akhir tahun 2019 masih dalam tahap percobaan. Namun, untuk urusan fasilitas dan koleksi hewan-hewannya sih sudah terbilang lengkap. Adapun untuk tiket masuknya dalam masa trial opening dibanderol Rp30.000 aja. Untuk harga tiket normal sudah grand opening, weekday Rp35.000 dan weekend Rp50.000. Pengembang Lembang Park and Zoo sendiri adalah PT Hotel Pohon yang sebelumnya membangun Pohon Inn Hotel dan Batu Secret Zoo di Kota Batu, Jawa Timur.

Di sini terdapat banyak jenis satwa mulai dari jenis unggas atau burung hingga binatang reftil langka hampir punah yang berasal dari dalam dan luar negeri. Bagi orangtua yang bawa anak kecil ke sini, dapat mengenalkan aneka hewan unik yang sangat jarang ditemui, di antaranya:
- Merak Biru India.
 - Beo Amazon biru-Fronted
- Burung Rhea yang memiliki bulu putih indah nan mempesona, burung yang tidak dapat terbang ini masih satu keluarga dengan burung unta dan emu.
- Nuri sayap hitam
- Binturong, hewan jenis omnivora berbulu abu hitam lebat, serta berkumis lebat dan panjang seperti kucing.
- Blue tongue skink, kadal yang memiliki lidah yang lebar dan berwarna biru tua atau hitam kebiru-biruan. Kadal-kadal ini menyukai serangga, arachnida kecil, sayuran, dan buah-buahan sebagai makanannya.
- Bearded Dragon, hewan kadal asli dari Australia. Mereka hidup dinl daerah kering, berbatu, kawasan semi gurun, dan hutan terbuka.
- Rakun
- Burung unta

Info lainnya terkait wisata Lembang Park and Zoo:
- Tempat wisata ini buka setiap hari dari pkl. 09.00 s.d. 17.00 WIB.
- Anak usia dibawah 3 tahun masuk gratis.
- Buat yang penasaran dengan tempat wisata edukasi ini, bisa pantengin akun IG @lembang_parkzoo.