Bank BJB

Bank BJB

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Tempat-Tempat Wisata di Bandung Ini Tutup Sementara






tempat wisata bandung tutup corona

Antisipasi penyebaran Covid-19 gencar dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah. Presiden Joko Widodo sendiri telah memerintahkan kepala daerah mulai provinsi hingga kabupaten dan kota menetapkan situasi penyebaran Covid-19 di wilayahnya dengan berkonsultasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sementara sejumlah kepala daerah, termasuk Pemprov Jabar melalui Gubernur Ridwan Kamil sudah melakukan langkah-langkah ini. Adapun Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengeluarkan keputusan yang dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 443/SE.030-Dinkes tertanggal 14 Maret 2020.

Beberapa upaya yang dilaksanakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini dengan meliburkan anak-anak sekolah selama dua pekan, menyarankan warga bekerja dari rumah sampai menutup, pusat keramaian. Untuk di kawasan Bandung Raya sendiri, pengelola tempat wisata pun turut mendukung antisipasi penyebaran Covid-19 dengan menutup sementara lokasi wisatanya.

Sebanyak 33 objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal ditutup sementara. Penutupan objek wisata itu sebagai bentuk antisipasi pencegahan penyebaran COVID-19.⁣ Penutupan itu akan berlangsung selama 14 hari sejak mulai Kamis (14/3) sampai akhir Maret. 33 objek wisata yang bakal ditutup sementara itu kebanyakan berada di kawasan Lembang.⁣ Beberapa tempat wisata di Bandung yang sementara ditutup hingga akhir Maret 2020, diantaranya:

1. Tempat wisata yang dikelola Pemda dan lembaga
Beberapa tempat wisata yang dikelola pemerintah/lembaga di sekitaran Bandung yang ditutup sementara, diantaranya: Museum Geologi, Observatorium Bosscha, Museum Gedung Sate, Tahura Djuanda, Museum KAA, Bus Bandros, hingga kegiatan Car Free Day (CFD) dan Car Free Night (CFN).

2. Kiara Artha Park dan Kampung Korea
Tempat wisata yang lagi ngehits di kawasan Jln. Kiaracondong ini menutup lokasi dari tanggal 18 s.d.  28 Maret 2020.

3. Floating Market Lembang
Tempat wisata di kawasan Situ Umar, Lembang ini tutup dari tanggal 19 Maret s.d. 1 April 2020 dan rencana buka kembali untuk umum tanggal 2 April 2020.

4. The Great Asia Africa
Tempat wisata ini tutup sementara dari tanggal 19 Maret 2020 s.d. 1 April 2020.

5. Saung Angklung Udjo
Tempat wisata seni budaya di Jln. Padasuka ini sementara menghentikan kegiatan pertunjukan reguler mulai tanggal 18 Maret s.d. 31 Maret 2020.

6. Panama Park 825
Tempat wisata bermain di Jln. Soedirman Bandung ini sementara tutup dari tanggal 17 Maret s.d. 31 Maret 2020.

7. Lembang Wonderland
Tempat wisata selfie di kawasan Lembang ini tutup sementara dari tanggal 19 Maret 2020 sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

8. Farmhouse Susu Lembang (Rumah Hobbit)
Tempat wisata ini tutup sementara dari tanggal 19 Maret 2020 s.d. 1 April 2020.

Tempat wisata lainnya yang diinstruksikan ditutup sementara oleh Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk pencegahan Covid-19 atau virus Corona:
- Curug Layung
- Curug Pelangi
- Natural Hill
- Lazuardy Bikes Park
- Dusun Bambu
- Lembah Bougenville
- Terminal Wisata Grafika Cikole
- Cikole Jaya Giri Resort
- Lintas Hutan Indah Jaya Giri
- Maribaya Natural Hot Spring Resort
- The Lodge Maribaya
- Orchid Forest
- Kebun Bunga Begonia Glory
- De Ranch
- Benteng Belanda
- D'dieuland
- Lembang Park Zoo
- Fairy Garden
- Curug Tilu Lewi Opat
- Ciwangun Indah Camp
- Situ Ciburuy
- Gua Pawon
- Stone Garden
- Indiana Camp
- Pesona Tebing Masigit
- Sanghyang Poek
- Sanghyang Kenit
- Sanghyang Heuleut
- Curug Sawer
- Curug Malela