Bank BJB

Bank BJB

Harga Tiket Wisata Camping dan Penangkaran Rusa Kampung Cai Rancaupas







Buat kamu yang lagi nyari tempat wisata alam buat liburan bareng keluarga atau teman-teman, tempat wisata Kampung Cai Rancaupas di Ciwidey bisa jadi pilihan. Rancaupas dikenal sabagai salah satu destinasi wisata berkemah yang jadi favorit para remaja juga mereka yang udah berkeluarga. Untuk berkemah, pengunjung bisa membawa tenda sendiri atau menyewa. Termasuk juga di sini tersedia yang jualan kayu bakar untuk api unggun. Untuk makan, bisa masak sendiri atau ke warung-warung yang ada di sekitar lokasi perkemahan.

Namun yang perlu diperhatikan, bagi yang berkemah hendaknya membawa pakaian tebal. Maklum saja udara di sini sangat dingin hingga bikin menggigil dan jika tidak digerakkan bikin anggota badan kaku. Kadang pula turun kabut gunung yang makin menambah dingin. Namun, jika ingin melenyapkan dingin bisa langsung nyebur ke kolam air panas yang ada di area ini.

Sesudahnya, hangatkan tubuh dengan meminum bandrek. Dari Rancaupas pun, kita bisa menjajal tempat wisata lain seperti perkebunan Kawah Putih, Situ Patenggang, Pemandian Ciwalini dan Cimanggu, atau memotret keindahan alam Perkebunan Teh Rancabali. Apalagi sekarang di Ciwidey semakin banyak tempat wisata lainnya seperti Legok Kondang, Ciwidey Valley Resort, dan sebagainya.

Wisata penangkaran rusa
Terletak di ketinggian 1700 m dpl, Bumi Perkemahan Rancaupas memiliki kawasan keseluruhan seluas 215 ha. Suhu harian berkisar (18-23° C) menjadikan tempat ini sangat sejuk disiang hari dan dingin dimalam hari. Panorama alam berupa perbukitan hijau di sekitarnya, kawasan hutan yang sangat luas, berbagai jenis flora seperti puspa, jamuju, huru, kitambang, kihujan, hamirung, kurai, dan pasang.

Selain membawa ke area mainan, bagi Anda yang bawa anak-anak, bisa mengenalkan mereka pada hewan khas Indonesia ini. Keseruan memberi makan rusa menjadi daya tarik tersendiri. Rusa-rusa tersebut biasa kumpul untuk makan pada pukul 2 siang. Sang pawang biasanya akan memanggil mereka dengan suara khasnya. Nah, saat rusa-rusa tersebut berkumpul, waktunya para pengunjung ikut serta memberi makan hewan tersebut.

Untuk pakan rusa bisa membeli seikat wortel dengan harga Rp10.000 atau kangkung Rp.5000. Tak jarang para pengunjung menjadikan momen memberi makan rusa-rusa tersebut sebagai ajang selfie. Malah kadang juga dipakai untuk pemotretan pre-wedding. Jika bukan waktunya jam makan, rusa-rusa biasa bersembunyi di balik semak-semak.

Penangkaran rusa ini terbilang lama, dibangun sekitar tahun 1980 dan "angkatan pertama" ada 7 ekor rusa. Setelah ditangkarkan, rusa-rusa berkembang biak dan menjalani kehidupan yang alami. Adapun sebagian rusa ada yang dikirim ke Ciamis (1987) dan Cariu, Bogor (1993). Di area dengan luas 5 hektare ini, rusa-rusa masih satu kompleks dengan bumi perkemahan Rancaupas. Selain di sini, penangkaran rusa ada juga di Gunung Patuha, Gunung Tikukur, dan Gunung Cadas Panjang.

Fasilitas penunjang di Rancaupas pun terbilang lengkap dari penyewaan tenda, masjid, toilet, sarana air bersih, playground, hingga area parkir yang terbilang luas.

HARGA TIKET
Adapun untuk tiket masuk dan tiket fasilitas di Kampung Cai Rancaupas tidak banyak berubah. Berikut ini daftar harga tiketnya (27 Juni 2020).

Tiket masuk:
- Tiket kunjungan untuk wisatawan lokal: Rp20.000 (ditambah Rp10.000 kalau kemping/orang/malam)
- Tiket kunjungan untuk wisatawan lokal: Rp40.000 (ditambah Rp10.000 kalau kemping/orang/malam)

Parkir:
- Kendaraan roda 2 (motor): Rp5.000 (ditambah Rp7.000 kalau kemping/unit)
- Kendaraan roda 4: Rp10.000 (ditambah Rp15.000 kalau kemping/unit)
- Kendaraan roda 6 (bus): Rp25.000 (ditambah Rp30.000 kalau kemping/unit)

Wahana:
- Kolam renang: Rp20.000
- Wahana anak: Rp10.000
- Flying fox: Rp30.000
- Panahan: Rp30.000
- Berkuda: Rp50.000
- Booking area: Rp500.000
- Prewedding: Rp500.000
- Video shooting: Rp3.000.000

Untuk info dan kontak seputar wisata Kampung Cai Rancaupas bisa mengunjungi akun instagram @ranca_upas.