Bank BJB

Bank BJB

Ini Rute Penerbangan Pesawat Jet yang Kembali Beroperasi Bandara Husein Sastranegara Per 20 Agustus 2020






jadwal lion air bandara husein agustus 2020

Hadirnya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada Juli 2019 sangat mempengaruhi kunjungan tamu dan wisatawan ke Bandung. Hal ini terjadi karena sebagai besar penerbangan pesawat jet dialihkan ke bandara internasional baru di Majalengka tersebut. Imbasnya, Bandara Husein Sastranegara di Kota Bandung pun kehilangan penumpang bahkan hingga 80 persen.

Menurut data Disbudpar Kota Bandung, penurunan angka kunjungan wisata sudah mulai terasa cukup drastis pada pertengahan Juli 2019 lalu. Dan masuk 2020, tepatnya mulai bulan Maret dimana muncul pandemi Covid-19, penurunan itu makin terasa.  Kunjungan wisatawan ke kota Bandung termasuk di antaranya yang menggunakan pintu masuk melalui Bandara Husein Sastranegara pada tahun 2018 lalu, mencapai angka 7,9 juta wisatawan domestik dan asing. Namun, setelah sejumlah penerbangan di alihkan ke BIJB Kertajati terjadi penurunan drastis.

Dan pada bulan Agustus 2020, datang kebijakan baru dari Kementerian Perhubungan dimana diperbolehkannya kembali Bandara Husein Sastranegara Bandung melayani rute penerbangan menggunakan pesawat jet.

Mulai Kamis, 20 Agustus 2020, sebanyak 6 rute penerbangan Bandara Husein Sastranegara Bandung mulai mengoperasikan 6 rute penerbangan yang menggunakan pesawat jet. Sebelumnya, penerbangan di bandara ini hanya dilayani pesawat baling-baling.

Adapun untuk 6 rute penerbangan pesawat jet itu terdiri dari dua maskapai, yakni Lion Air dan Citilink. Hanya saja, baru Lion Air yang mulai beroperasi pada Kamis, 20 Agustus 2020. Adapaun maskapai Citilink akan mengoperasikan pesawat jet mulai Jumat, 21 Agustus 2020.

Pada Kamis ini, pesawat Lion Air Boeing 737-800 rute Makassar-Bandung pertama kali mendarat di Bandara Husein Sastranegara. Pendaratan pesawat itu disambut dengan inaugurasi yang dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Untuk penerbangan Lion Air dengan pesawat jet melayani rute:
1. Bandung-Makassar
2. Bandung-Kualanamu
3. Bandung-Balikpapan
4. Bandung-Denpasar.

Untuk maskapai penerbangan Citilink:
1. Bandung-Kualanamu
2. Bandung-Balikpapan
3. Bandung-Palembang
4. Bandung-Pekanbaru
5. Bandung-Denpasar.