Bank BJB

Bank BJB

Situ Patenggang, Destinasi Wisata Legendaris Favorit Wisatawan







Daya pikat wisata kawasan Ciwidey, Kab. Bandung memang tak diragukan lagi. Setiap musim liburan, selain tempat-tempat wisata di Lembang, tempat-tempat wisata di Ciwidey pun masuk list yang wajib dikunjungi wisatawan. Sebut saja dari Kawah Putih, Kampung Cai Rancaupas, Kawah Rengganis, pemandian air panas Cimanggu dan Ciwalini, EmTe Highland, Ciwidey Valley Resort, sampai kawasan wisata alam Situ Patenggang.

Nama terakhir, danau alami ini menawarkan panorama alam yang memikat. Situ Patenggang yang berada di kawasan perkebunan teh Rancabali ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi setelah ada penataan dan pembenahan, salah satunya dengan hadirnya wisata Glamping Lakeside Rancabali yakni resto yang berada di perahu pinisi tepat di pinggir Situ Patenggang.

Sebelum masuk ke Pinisi Resto, wisatawan harus melewati jembatan gantung yang juga jadi spot instagramable. Ditambah lagi, Pinisi Resto juga menyajikan menu-menu khas Sunda yang wajib Anda coba, yang menjadi nilai tambah lainnya dari Glamping Lakeside.

Selain menawarkan wisata kuliner dan wisata instagramable, Glamping Lakeside Rancabali menawarkan beberapa tipe penginapan yang bisa disesuaikan dengan bujet liburan pengunjug. Glamping ini punya Keong Tent Resort, Family Tent Resort, Lakeside Tent Resort, dan Sayang Heulang Resort. Untuk harga glamping tersebut mulai dari Rp 1 juta – Rp 2 juta per malamnya.

Di Situ Patenggang, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di sana seperti berkeliling danau dengan perahu yang disewakan dan singgah di pulau Asmara atau sering disebut dengan Batu Cinta yang konon bisa membuat pasangan semakin langgeng, bersantai di pondokan, menikmati syahdunya danau, menyusuri jembatan kayu, memancing, serta bisa bermalam di glamping.

Situ Patenggang (disebut juga Situ Patengan, karena konon katanya dari kata pateangan-pateangan yang artinya 'saling mencari') adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan. Situ atau danau alami ini terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik.

Luas Situ Patenggang sendiri sekitar 45.000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Situ patenggang selalu menjadi pilihan wisatawan terutama bagi mereka yang baru pulang dari tempat wisata Kawah Putih. Jaraknya dari wisata kawah putih hanya sekitar 7 KM (sekitar 10 menit dari Kawah Putih)