Cara Registrasi dan Daftar Penerima Vaksin Covid di HP




Demi meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya tidak mudah terinfeksi virus Covid maka pemerintah berencana akan memberikan vaksinasi. Vaksinasi yang diberikan nantinya akan diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia. Namun, hingga saat ini belum ada vaksin Covid yang sudah siap digunakan meski sudah ada vaksin yang tiba di Indonesia pada awal Desember lalu. Meski begitu, masyarakat harus mengetahui bagaimana cara melakukan registrasi melalui HP. Informasi lengkapnya simak uraian dibawah ini.

Ketahui Cara Registrasi dan Daftar Penerima Vaksin Covid di HP

Saat ini Pemerintah telah menyiapkan tata cara program pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Tata cara pelaksanaan vaksinasi harus dilakukan dengan matang supaya vaksin bisa diperoleh oleh seluruh masyarakat. Rencananya masyarakat sebagai sasaran pemberian vaksin akan memperoleh pemberitahuan melalui notifikasi SMS langsung dari pemerintah. Nantinya penerima pemberitahuan atau notifikasi harus melakukan registrasi ulang yang bertujuan untuk menentukan tempat dan jadwal vaksinasi.

Petunjuk Teknis tentang Pelayanan Vaksinasi Covid-19 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa data sasaran vaksinasi diperoleh dari Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian terkait. Data ini meliputi nama, NIK dan alamat tempat tinggal sasaran vaksinasi.

Perlu diketahui bahwa pemerintah menggunakan big data dari BPJS Kesehatan dalam mengelola program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat atau JKT-KIS. Data ini menyimpan lebih dari 223 juta data peserta yang berisi nama lengkap, NIK, alamat tinggal dan bahkan pekerjaan dan riwayat penyakit. Big data inilah yang akan digunakan oleh pemerintah dalam melaksanakan program vaksinasi Covid-19. Proses registrasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Petunjuk Teknis ini juga dibuat mengacu pada peta jalan vaksinasi yang dikeluarkan oleh WHO. Di sini menyebutkan bahwa prioritas vaksinasi adalah tenaga kesehatan, kelompok masyarakat dengan risiko kematian atau memiliki riwayat penyakit berat dan kelompok sosial atau pekerja public dengan risiko tertular yang tinggi.

2. Tahap selanjutnya adalah penyaringan data melalui Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19. Tahap ini akan memperoleh sasaran kelompok masyarakat penerima vaksin berdasarkan NIK. Kemudian sasaran kelompok masyarakat penerima vaksin akan memperoleh notifikasi atau pemberitahuan melalui SMS dengan identitas pengirim PEDULICOVID. Apabila diluar identitas pengirim tersebut, maka penerima harus mengabaikan pesan yang ada.

3. Setelah memperoleh pesan tersebut, penerima harus melakukan registrasi ulang untuk memilih tempat dan jadwal. Proses ini bertujuan memverifikasi, yakni menjawab beberapa pertanyaan yang telah disiapkan oleh sistem. Data ini akan digunakan untuk mengkonfirmasi alamat domisili dan self screening sederhana tentang riwayat penyakit yang pernah diderita.

4. Registrasi ulang ini dapat dilakukan melalui SMS ke nomor 1199, menu USSD *119#, aplikasi Pedulilindungi atau website https://pedulilindungi.id. bagi masyarakat yang tidak memiliki HP atau daerah yang tidak terjangkau sinyal maka registrasi ulang juga dapat dilakukan secara offline melalui Babinsa/Bhanbinkamtibmas setempat. 

5. Registrasi ulang melalui layanan SMS dan menu USSD tidak dikenakan biaya. Akses terhadap aplikasi akan diberikan pada anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat untuk mengetahui siapa saja yang belum terverifikasi. 

6. Setelah terverifikasi, sasaran penerima vaksin dapat memilih lokasi dan jadwal vaksinasi. Selanjutnya Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 akan secara otomatis mengirim undangan untuk datang ke lokasi pelaksanaan. Sasaran vaksinasi juga akan memperoleh pengingat melalui SMS atau aplikasi pedulilindungi tentang jadwal pelayanan vaksinasi.

Perkembangan informasi mengenai cara registrasi vaksin Covid-19 bisa diperoleh melalui Halodoc. Informasi mengenai gaya hidup sehat dan penyakit yang diberikan pastinya dari sumber terpercaya. Bahkan Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc ini. Aplikasi halodoc bisa diakses dengan mudah melalui smartphone baik melalui Google Play Store ataupun App Store.