Wisata Sungai Cigeureuh, Miniatur Green Canyon Pangandaran di Bandung Selatan




Wisata edukasi Sungai Cigeureuh Astaraja Dewi Hurip, layak disebut miniatur Green Canyon Pangandaran, dengan panorama bebatuan dan air yang bersumber dari 145 mata air, serta menjadi habitat beragam jenis fauna. Sungai ini mengalir di kawasan Desa Margahurip, Kec. Banjaran, Kab. Bandung.

Sungai ini mengalir di Gunung Puntang dimana aliran sungai ini mulai dari arah tenggara menuju barat laut. Sungai ini di bawah bersatu dengan Sungai Cisangkuy yang mengalir di kawasan Banjaran dan bermuara di Sungai Citarum.

Sungai Cigeureuh tidak terlalu dalam. Sungai yang berkelok ini berundak-undak membentuk jeram bertingkat. Batuannya besarnya bervariasi berserakan di sungai. Pengunjung bisa duduk di batu-batu yang ukurannya cukup besar.

Selain wisata Sungai Cigeureuh menyimpan beragam potensi yang cukup membanggakan dan menjadi unggulan. Di antaranya industri bidang panahan (jamparing), pengembangan maggot dengan biofloknya, pembibitan kurma tropis yang didistribusikan ke berbagai tempat di Indonesia.

Di tempat wisata tersebut, wisatawan bisa menikmati body rafting, arung jeram, panahan, melihat pengolahan sampah, hingga melihat pembibitan pohon kurma. Untuk body rafting dan arung jeram dan lainnya, tentu dipastikan keamanannya, sebab di sana terdapat sakola cai (sekolah air) yang juga mengelola tempat tersebut. Jadi tak hanya menikmati keindahan dan keseruan bermain air, tapi juga terdapat edukasi susur sungai. Di sini ada situs Kerajaan Asta Raja, beberapa situs bisa jadi pelajaran cerita.