Kawasan Wisata Ciwidey dan Sekitarnya Kembali Dibuka 17 Mei 2021 dengan Aturan Berikut




Berdasarkan surat edaran bernomor 443.1/1076/Disparbud Tentang Hasil Evaluasi Aktivitas Kepariwisataan, Minggu Sore (16/05/2021) kawasan wisata di Pacira (Pasirjambu, Ciwidey, Rancabali) yang sebelumnya ditutup akhirnya besok sudah mulai bisa beroperasi kembali tetapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan, adapun beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Pelayanan wisata alam kapasitas pengunjung dibatasi 50% dan buka sampai pukul 16.00 WIB.

2. Pelayanan wisata akomodasi seperti hotel, penginapan dll dibuka dengan pengetatan protokol kesehatan.

3. Pelayanan wisata tirta seperti kolam renang dan waterboom ditutup sementara.

4. Pelayanan usaha makan dan minum kapasitas dibatasi 50% dan buka hingga pukul 21.00 WIB.

5. Kolam renang air panas dibuka dengan ketentuan kapasitas 50%, jam oprasional hingga pukul 16.00 WIB, menggunakan pembatas agar mengurangi kerumunan, mendapat rekomendasi dari camat.

6. Apabila terjadi pelanggaran protokol kesehatan akan dikenakan sanksi sesuai dengab ketentuan.

Sebelumnya, Bupati Dadang Supriatna memutuskan untuk menutup seluruh tempat wisata, khususnya yang disebut ‘Pacira’. Penutupan tempat wisata tersebut dilakukan berdasarkan instruksi dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah berkoordinasi dengan kepala daerah untuk pengawasan dan pengendalian destinasi wisata. Untuk itu, dia menginstruksikan akses menuju objek wisata di Pangandaran dan Ciwidey ditutup, guna tidak ada lagi masyarakat yang mendatangi destinasi tersebut.