Pineus Tilu Riverside Camping, Destinasi Wisata Alam Lagi Ngehits di Hutan Pinus Rahong Pangalengan




Dibanding "saudaranya" seperti Ciwidey atau Lembang, nama Pangalengan memang masih kurang moncer jadi tujuan wisata. Namun, perlahan tapi pasti aneka destinasi wisata alam di Selatan Bandung ini kini mulai bermunculan dan berbenah. Tak heran jika Pangalengan pun kian hari kian naik daun sebagai tujuan wisata. Sebut saja misalnya wisata Situ Cileunca, Rumah Pengabdi Setan, Pemandian Cibolang, hingga Cukul yang jadi tempat favorit wisatawan yang akan meneruskan perjalanan ke Garut.

Eit, satu lagi yang kini sedang naik daun yaitu di kawasan Hutan Pinus Rahong. Lokasinya gak jauh dari Situ Cileunca. Dari sisi Situ Cileunca ambil jalan yang di kanan lalu belok ke arah perkebunan teh,  kemudian masuk ke kawasan Hutan Rahong. Di sini sudah dikenal nama wisata Kampung Singkur yang menyajikan petualangan rafting hingga camping.

Lokasinya berada di jalur Sungai Palayangan yang sumber airnya dari Situ Cileunca. Dan kini, ada satu lagi yang lagi ngehits yaitu tempat camping Pineus Tilu Riverside Camping. Buat yang nanya-nanya apakah debit air membahayakan tiba-tiba gak, misal ada banjir bandang? Tenang Sungai Palayangan airnya bersumber dari pintu irigasi Situ Cileunca yang bisa diatur. Pengaturan ini juga sekaligus buat wisata arung jeram. Sekadar informasi, ada banyak operator layanan wisata arung jeram di Sungai Palayangan ini. 

Lokasi dan rute ke Pineus Tilu Riverside Camping
Lokasi tepatnya ada di kawasan Hutan Pinus Rahong Pulosari, Kec. Pangalengan, Bandung. Buat yang masih bingung, misal kalo mau touring motor bisa dari arah Bandung ke Jln. Terusan Buah Batu - Jln. Raya Bojongsoang - Baleendah/Dayeuhkolot - Banjaran - Pangalengan - Situ Cileunca - ambil arah kanan Situ Cileunca - Hutan Pinus Rahong.

Rute lain yang pakai mobil pribadi bisa keluar tol Soroja. Dari keluar GT Soreang ambil kiri ke arah Jln. Soreang - Banjaran, di Alun-Alun Banjaran belok kanan ke arah Cimaung - Pangalengan - Situ Cileunca - ambil arah kanan Situ Cileunca - Hutan Pinus Rahong. Parkir sekitar 100 meter dari lokasi, jadi harus jalan kaki. Kalo motor bisa langsung parkir di dalam lokasi.

Harga sewa dan fasilitas Pineus Tilu Riverside Camping
Sesuai namanya, tujuan wisata baru di Bandung ini berupa area berkemah di tengah belantara yang indah. Areanya berupa tepian aliran sungai di atara pepohonan rindang. Ada semacam dermaga kayu untuk tempat mendirikan tenda. Buat biaya camping di sini, bisa kamu nikmati dengan udunan bareng teman membayar sekitar Rp500.000 hari biasa dan Rp650.000 untuk Sabtu-Minggu (standar tenda untuk empat orang)/sudah termasuk sarapan. Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk fasilitas pendukungnya ada toilet, parkiran, dan lainnya.

Ini info tentang ukuran tendanya, kapasitasnya, type-nya, interiornya, dan lain sebagainya:

1. Tenda tipe 1 yang  dari Produk Perancis, namanya Arpenaz Family Tent dengan seri 4.0 dan 4.2. Sebelum menentukan ini, owner/designernya sudah mencoba riset hampir 2 bulan nyari tenda jenis manapun dan dari produk manapun yang pernah ada untuk tipe family.

2. Untuk semua tipe baik 4.0 maupun 4.2 itu punya ruang tengah atau ruang bersamanya. Di sini bisa naruh barang, tas atau sepatu, kumpul, makan minum, ngopi-ngopo, dll tetapi di dalam tenda dan terpisah dengan ruang tidurnya.

3. Untuk tipe 4.0 itu ruang tidurnya 1 posisi di belakang, dan di depannya ada ruang tengah atau ruang bersamanya. Ruang tidurnya untuk 4 orang. Selebihnya tidur di ruang bersama, makanya kapasitas bisa 6. Ruang bersama ini ukurannya 3.9m2.

4. Untuk type 4.2 itu ruang tidurnya ada 2. Di sebelah kanan dan sebelah kiri yang mengapit ruang tengah atau ruang bersamanya. Kapasitas ruang tidur untuk dua orang, jadi kanan kiri bisa 4 orang. Selebihnya pasti tidur di ruang tengah. Ini tenda lebih luas lagi, dan tingginya juga 1.9m. Jadi bisa kalian berdiri tegak di ruang tengah. Kalau memerlukan ruang interior yang lebih besar (luas dan tinggi) tentu bisa pilih yang ini.

Fasilitas lain yang tersedia: spot foto, stop kontak, cussion set, bantal, sleeping bag, matras, sarapan pagi dan makam malam, hammock. memancing, lampu, air hangat, area parkir (25-30 mobil), barbeque, dll. Penasaran dengan tempat wisata ini? Pantengin saja akun IG: @pineustilu.