Camping Ground Rancacangkuang, Destinasi Wisata Berkemah yang Lagi Ngehits di Gambung Ciwidey




Wisata camping di Bandung Selatan kini semakin jadi trend. Beberapa camping ground di Pangalengan dan Ciwidey kerap jadi pilihan. Sebut saja yang akhir-akhir ini lagi trend yakni glamping Pineus Tilu di kawasan Hutan Rahong, Pangalengan. Lalu di Ciwidey nama Rancaupas dari dulu jadi favorit para traveler.

Kini, di kawasan Ciwidey ada nama camping ground Rancacangkuang yang dikenal dengan tempat camping di sisi sungainya. Camping ground Rancacangkuang ini terbilang lengkap dengan segala fasilitasnya. Dimana untuk keperluan MCK, tersedia toilet di pintu masuk. Toilet yang tersedia cukup bersih dan cukup layak, Anda pun dapat bermain di tepi sungai di pagi hari dikarenakan air nya cukup jernih di pagi hari.

Lokasi dan Rute Perkemahan Rancacangkuang

Tempat camping ini berada di wilayah administratif Desa Mekarsari, Gambung, Kecamatan Pasirjambu. Rute jalur menuju Bumi Perkemahan Rancacangkuang ini hanya bisa melalui pintu keluar Tol Soreang Pasirkoja.  Dari arah pintu keluar tol Soroja, ke kanan melewati Pemkab Bandung - Rumah Sakit Soreang - Pasar Soreang - Desa Sadu - terus lurus mengikuti jalan raya Provinsi sampai ke SPBU Pasirjambu, setelah melewati SPBU Pasirjambu ambil arah kiri di percabangan menuju Daerah Gambung.

Setelah sampai di Daerah Gambung, teruslah mengikuti jalan melewati desa Cibodas-Papakmanggu-Mekarsari untuk menuju ke tempat Bumi Perkemahan Rancacangkuang,  Lokasi tepat Rancacangkuang berada di sebelah kanan setelah melewati tempat wisata Palalangon Park dan Barusen Hiils Untuk menuju ke tempat camping ground, kalian akan melalui jalanan kampung lalu masuk ke jalan area perkebunan teh yang jalurnya mayoritas bebatuan dan tanah.  

Lokasi Rancacangkuang ini juga sering dijadikan kemping rombongan, seperti sering di jadikan tempat rombongan anak pramuka, komunitas motor, mobil, bahkan acara keluarga besar pun sering berkemah di area ini.

Untuk area camping ground terhampar area rumput hijau data  sangat luas yang terdiri dari beberapa lokasi, ada yang dekat kebun teh, juga ada yang di tengah-tengah area ada juga yang dekat sungai. 

Biaya Kemah di Rancacangkuang

Biaya masuk adalah Rp50.000/kendaraan (tidak menghitung jumlah orang). Menariknya, di Buper ini kita dapat memasukkan kendaraan ke area spot tenda, sehingga kita tidak perlu repot untuk membawa barang-barang perlengkapan berkemah kita menuju lokasi. Cukup diturunkan saja dari kendaraan, dan Anda siap untuk mendirikan tenda.

Untuk membuat api unggun, kayu bakarnya dapat dipesan ke warga sekitar dengan harga Rp 30.000 per ikat. Untuk biaya parkir kendaraan yaitu Rp3000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Sementara untuk toilet dipatok harga Rp2000 saja.

Kontak Camping Ground Rancacangkuang

Buta yang masih penasaran, bisa cek aja di akun IG @rancacangkuang. Kontak WA 0815-7360-0561.