IPAL Bojongsoang, Spot Berfoto dengan View Mantap di Bandung Selatan




Ini sebenarnya bukan destinasi wisata. Hanya area luas Instalasi  Pengolahan  Air  Limbah (IPAL)  Bojongsoang di kawasan Cikoneng semakin ngehits dijadikan tempat buat berfoto-foto buat mereka yang hobi bersepeda. Masih banyak yang penasaran dengan kawasan ini hanya karena foto-foto pemandangan di sini viral di media sosial seperti Instagram dan TikTok.

Sebelum membicarakan kawasan IPAL Bojongsoang sebagai tempat buat ngagowes dan foto-foto, sekadar info bahwa IPAL ini mulai  beroperasi Pada  tahun  1992,  dengan  sistem  Kolam  Stabilisasi Instalasi yang mempunyai  Luas  Area  85 Ha. Lokasinya sendiri terletak  diantara  dua desa  yaitu  Desa  Bojongsoang  dan Desa  Bojongsari yang berlokasi di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten  Bandung. 

Buat rutenya bisa dari arah Jln. Raya Bojongsoang belok ke arah pertigaan Cikoneng (seberang Bank BJB Bojongsoang) terus saja sampai nanti ada persawahan dekat belakang proyek Podomoro Land. Lalu belok kanan ke arah Bojongsari yang banyak hamparan sawah dan kolam. Terus ikuti jalan melewati permukiman penduduk sampai ke arah IPAL Bojongsoang (jembatan).

Untuk aksesnya bisa tanya ke penduduk setempat atau lihat di Google Maps "IPAL Bojongsoang". Bila sudah masuk melalui benteng, bisa menyusuri jalanan tanah dengan pemandangan yang indah banget. Apalagi bila perjalanan bersepeda dilakukan pagi hari atau sore hari. Tak sedikit juga pengunjung yang botram (makan bersama). Di sini pun tidak ditiket masuk, kecuali Anda ingin menitipkan kendaraan ke penduduk bisa bayar seikhlasnya. Sementara untuk mengisi perut, ada banyak warung penjaja makanan yang ada di pinggir jalan.

Bagi yang hobi motret, selain bentangan sawah juga di kejauhan ada bukit-bukit dan gunung yang mengelilingi Bandung bisa jadi background yang ciamik. Perjalanan Anda pun bisa dilanjukan terus ke arah Tegalluar dimana hamparan lahan sawahnya terbilang masih luas banget. Beda yang di daerah di kawasan Cikoneng - Ciganitri yang sudah banyak dibangun perumahan-perumahan.

Namun, bila jeli mencari lokasi motret di galengan (pematang) sawah, banyak spot-spot menarik buat dipotret. Dan bila kebetulan, kadang ada juga "pasukan" burung kuntul yang lagi berada di persawahan "menemani" para petani. Kehadiran rombongan burung kuntul ini karena memang habitatnya di sana. Selain burung kuntul, juga biasanya banyak burung belekok. Sayangnya, sekarang terus berkurang karena habitat hewan liar tersebut yaitu lahan sawah banyak disulap jadi kawasan perumahan.

Bagi Anda yang hobi mancing bareng keluarga, bisa juga rehat sambil memancing di kawasan ini. Ada banyak penyewaan kolam pemancingan di sini. Salah satunya di kawasan Cigebar dimana selain ada kolam pemancingan ada juga buat spot ngariung (berkumpul) berupa rumah dan area gathering. Selesai memancing bersama keluarga bisa makan bareng dimana ikannya langsung dimasak di sini dengan sajian nasi liwet dan lauk pauk lainnya.