Nuansa Riung Gunung, Wisata Alam Perkebunan Teh yang Lagi Ngehits di Pangalengan Bandung Selatan




Di masa pandemi, nama wisata Pangalengan sebagai salah satu destinasi wisata alam terus naik daun. Mungkin sebelumnya lebih banyak dikenal dengan wisata "Rumah Pengabdi Setan" juga wisata kebun teh dan Situ Cileunca. Kini, wisata di kawasan Bandung Selatan ini terus bergeliat dengan penataan tempat-tempat wisata baru yang instagramable hingga bernuansa camping ground. Sebut saja destinasi wisata di sekitaran Situ Cileunca yang menyajikan aneka layanan wisata glamour camping (glamping), arung jeram, dan wisata alam terbuka lainnya.

Bukan hanya di sekitar kawasan Situ Cileunca, satu lagi destinasi wisata yang terletak di Kampung Riung Gunung, Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung menjadi begitu hits. Namanya Nuansa Riung Gunung. Wisata di kawasan perkebunan teh ini menerapkan konsep ramah lingkungan. Pengelola memanfaatkan sepertiga dari 30 hektare perkebunan teh sebagai tempat wisata.

Dengan ikon jembatan kayu panjang, tempat wisata itu mulai dibangun sejak awal 2021. Jembatan kayu  dibangun di tengah kebun teh untuk spot selfie. Panjangnya 400 meter dengan material dari kayu. Selain itu, pengelola juga membuka tempat berkemah dan toilet yang lokasinya dekat kali kecil. Para pengunjung tak harus membawa tenda dan perlengkapan lainnya sendiri, mereka bisa menyewanya.

Spot wisata Nuansa Riung Gunung beroperasi 24 jam yang berlaku bagi tamu yang hendak menginap. Sementara, pengunjung yang datang hanya untuk berswafoto atau makan bersama dibatasi dari pukul 07.00-17.00 WIB. Sementara saat tulisan ini dibuat, akses jalan ke lokasi sedang dibenahi supaya lebih nyaman.

Lokasi, rute, dan harga tiket Nuansa Riung Gunung
Untuk ke Pangalengan bisa dijangkau dari berbagai arah bila membawa mobil pribadi atau naik motor. Ini beberapa alternatifnya:
- Jaraknya sekitar 50 kilometer. Butuh waktu kurang lebih satu jam 51 menit untuk tiba di Nuansa Riung Gunung. Bila keluar gerbang tol Pasir Koja. Ikuti jalan menuju Jalan Tol Soraja. Kemudian belok kiri ke Jalan Raya Gading Tutuka, lanjutkan ke Jalan Pahlawan hingga bertemu Jalan Raya Soreang Banjaran. Di pertigaan Pasar Banjaran, belok kanan ke arah Cimaung - Pangalengan/Situ Cileunca.

- Jalan lain bisa keluar tol Buah Batu, belok kanan ke arah Jln. Raya Bojongsoang - Dayeuhkolot/Baleendah - Banjaran ke arah Pangalengan. Setelah bertemu bundaran, ambil jalan keluar menuju Jalan Situ Cileunca. Lanjutkan perjalanan sejauh kurang lebih 5 km, hingga bertemu Nuansa Riung Gunung. 

Adapun info harga tiket masuk reguler sebesar Rp10 ribu. Sementara, tamu yang ingin mengakses camping ground dikenai biaya masuk Rp25 ribu. Terdapat pula paket kemping sebesar Rp600 ribu yang termasuk tiket masuk, tiket parkir, sewa tenda, dan penerangan tenda. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu, ya.

Tips wisata ke Nuansa Riung Gunung
Untuk pertama, siapin kendaraan yang mumpuni buat menjelajah kawasan wisata Bandung Selatan ini. Kalo bisa pergi agak pagian. Ada beberapa titik kemacetan biasanya menuju arah Pangalengan, apalagi kalo weekend.

Biar gak kecewa karena banyaknya pengunjung yang melintasi jembatan kayu, ada baiknya atur waktu Anda. Misalnya, tidak datang terlalu siang dan bukan weekend. Juga pastikan datang waktu cuaca cerah. Maklum saja kawasan perkebunan teh Pangalengan terkenal dengan perubahan cuacanya. Jangan lupa pula, pakai pakaian hangat dan peralatan wisata yang mendukung. Buat info lebih lanjut bisa cek di akun IG: @nuansariunggunung_.