Asyiknya Main Basah-basahan di Objek Wisata Bandung Timur




 


Kalau sudah waktunya berwisata ke Bandung, wisatawan lokal atau luar kota kadang-kadang sering binggung. Ke mana berwisatanya, ya? Bukan tanpa alasan, Bandung utara, timur, selatan, barat hampir dikepung oleh berbagai objek wisata sehingga wisatawan sesekali sulit menentukan objek wisata. Jalan satu-satunya menge-klik info-info wisata, seperti di wisatabdg.com ini.

Ya, pilihan tempat wisata memang suka-suka, ngak bisa dipaksakan. Ada wisatawan penyuka wisata alam yang belum begitu ramai dikunjungi, seperti  ke danau,  sungai, air terjun, danau, kolam renang alam/buatan, dan bendungan. Apa pun tujuan dan objek wisatanya, hal terpening wisatawan merasa puas, segar, dan rileks setelah piknik. 

Nah, kamu yang suka main basah-basahan di objek wisata, kawasan wisata Bandung timur memiliki sejumlah tempat wisata air. Inilah objek wisata air di kawasan Bandung timur.

 

Sumber: www.desawisatacikadut.com
Sumber: www.desawisatacikadut.com
Curug Batu Templek

1. Curug Batu Templek 
Sebelum dikenal sebagai air terjun atau curug, dahulu kawasan Curug Batu Templek merupakan areal tambang batu pipih persegipanjang. Kebetulan di areal tambang terdapat aliran air cukup deras yang bersumber dari sungai yang ada di atas tebing. Mungkin nama Batu Templek diambil dari hasil tambang penduduk berupa batu pipih. Bekas tambang batu menjadi daya tarik tersendiri untuk curug ini. Ketinggian tebing Batu Tempek sekira 50 m dan panjang sekira 300 m. Lokasi Curug Batu Templek di Kampung Cisanggarung, RT 1/RW 11, Kelurahan Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Kamu yang ingin mengeksplorasi kawan curug, bisa menemukan titik-titik menarik untuk berfoto atau membuat video perjalanan wisata. Eits! Tunggu dulu, kamu harus bayar karcis masuk Rp5.000, parkir kendaraan dengan harga yang sama dengan tiket masuk, dan berkemah Rp30.000. Untuk aktivitas panjat tebing,kamu akan dipandu oleh pemandu dan tentu ada bayarannya. Pada saat musim hujan seperti saat ini (Oktober 2022), debit air curug sedang deras sehingga pemandangan makin elok diabadikan dalam foto/viedo. 

Fasilitas umum di kawasan wisata curug ini cukup memadai, seperti wc umum, musala, areal parkir kendaraan, kedai makanan khas alam hutan lindung. Untuk sampai ke lokasi wisata, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Jika rombongan penyuka sepeda, lebih seru bersepeda karena jalan sudah bagus beraspal. Jika ingin basah-basahan di curug ini, tentu disarankan bawa pakaian ganti agar pulang tidak kedinginan.

Sumber: sandraaersense.com
Curug Cilengkrang

2.Curug Cilengkrang
Air terjun atau orang Sunda menyebutnya dengan curug, yakni  objek wisata yang terjadi secara alami.  Wisatawan akan terpesona ketika aliran air yang terbentuk jatuh dari ketinggian. Jika tersorot matahari, curug  itu memancarkan sinar pelangi nan indah. Biasanya cekungan di bawah curug dipakai main basah-basahan, mandi atau berendam, lalu berfoto ria.  
Salah satu curug beken di kawasan wisata Bandung timur, yakni Curug Cilengkrang di Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang. Panorama sekeliling curug masih sejuk alami. Kesejukan ini akan membuat mata dan rasa menjadi tenang sebab jauh dari kebisingan kota. Ada banyak jalan alternatif untuk sampai curug. Patokannya utama, yakni Pasir Impun (masuk dari Jalan Cisanggarung), Ujungberung (masuk dari Jalan Cilengkrang I), Cibiru (masuk dari Jalan Desa Cipadung, Jalan Manisi, Jalan Sindangreret), Cinunuk (masuk dari Jalan Sadang), hingga Cileunyi (masuk dari Jalan Vila Bandung Indah). Semua jalan masuk itu kondisi enakeun karena sudah diaspal atau dibeton. 
Transportasi umum hanya ojek yang bisa mengantar ke lokasi curug. Sesampai di lokasi, kamu hanya membayar karcis masuk Rp7500,00. Jika waktu cukup luang, kamu bisa mengeksplorasi curug lain di sekitar Curung Cilengkrang (atau Batu Peti), yakni Curug Panganten, Kacapi, Dampit, Leknan, dan Papak. 
Sesampai di curug, kamu bisa mengamati fasilitas yang ada, seperti sarana ibadah (musala),wc umum, areal kemping, dan deretan tempat makan dan minum sederhana.  Sebelum berwisata ke curug, sebaiknya kamu menyiapkan perlengkapan perjalanan, seperti datang pagi hari untuk menghindari panas sinar matahari, gunakan sepatu yang nyaman dipakai sebab jalur ke curug lumayan terjal, bawa bekal makan dan minum yang cukup, serta stamina yang prima,ya.

Sumber: bogordaily.net

3. Wetland Park Cisurupan
Wetland Park Cisurupan yang luasnya 4 hektare berlokasi Bandung timur, tepatnya di Jalan Cilengkrang 1 RW 08, Cisurupan, Cibiru, Bandung timur. Kawasan taman wisata air ini diresmikan pada 2021 lalu. Taman wisata ini memiliki  sebanyak 19 kolam retensi, 1 septic tank komunal, 1 rumah kompos, dan gazebo serbaguna. Taman wisata air ini menjadi salah satu sarana edukasi ekologi air dan tumbuhan. Wisata gratis ini sangat bermanfaat untuk para orang tua yang mengajak anaknya piknik ke lokasi wisata ini. Selain  akan dikenalkan pentingnya sistem tata air sungai untuk pertanian dan  ketahanan air, juga ada pengetahuan mengenai fungsi taman untuk mengurangi banjir. Untuk penyuka aktivitas di media sosial, Wetland Park Cisurupan tentu punya beberapa titik yang elok untuk diabadikan dalam platform media sosialmu, seperti Youtube, IG, atau FB. 
Sumber: Facebook MJP Bandung/eb.findmybucketlist.com

4. Manglayang Jungle Place
Manglayang Jungle Place (MJP) merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di kawasan Bandung timur, tepatnya di Jalan Cilengkrang 1,  Kp. Cigupakan RW 3, Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. 
Kehadiran objek wisata MJP ini boleh jadi alternatif untuk wisatawan Bandung Raya atau siapa pun yang berkunjung ke Bandung untuk berlibur sambil menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. Area wisata MJP yang luas ditata begitu apik dan nyaman untuk wisatawan. Anak-anak dan remaja akan senang diajak ke MJP karena banyak titik menarik untuk berfoto juga bermain basah-basahan di wahana kolam. 
Selain wahana air, MJP juga menyediakan area untuk berkemah keluarga, wahana waterboom, flaying fox, farm house, wisata budaya, mancakrida (outbound), dan tentu kuliner tradisonal. Untuk kegiatan khusus, seperti lokakarya atau seminar, MJP juga menyediakan aula yang sangat representatif. Jika berkunjung ke MJP, kamu cukup membayar tiket masuk Rp10.000. 
Lokasi wisata ini buka tiap hari dari pukul 8.00—21.00 WIB. Sebelum berwisata di MJP, kamu yang berniat berkemah harus membawa perlengkapan yang cukup.  Selain pakaian ganti, juga makanan dan minuman untuk jaga-jaga kalau lapar, terutama saat malam. Untuk yang sekadar menikmati wisata di MJP tanpa menginap, kamu berangkat pagi hari agar lebih leluasa menikmati area wisata ini. 

Sumber: soamaps.com/www.top-rated.online

5. Paniisan Ciipo
Di mana sih tempat wisata  untuk main basahan-bahasan yang lain di Bandung timut? Ke Paniisan Cippo saja ya. Lokasi wisata air ini berada Cijasirna, Ciporeat, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Menurut pengelola tempat wisata ini, kolam renang ini sumber air dari pengunungan Manglayang. Oleh karena itu, air kolam renang ini airnya mengalir terus sehingga bebas zat kimia, kaporit.  Karena sirkulasi air terus berganti atau dialirkan ke tempat lain di sekitar lokasi Paniisan Ciipo, kebersihan air sangat terjaga. 
Kolam ini seperti kolam renang pada umumnya dibagi menjadi kolam khusus dewasa yang dalamnya 2 m dan 80 cm, sedangkan kedalaman kolam khusus anak 30 cm. Fasilita penunjang Paniisan Ciipo, yakni kamar mandi, gazebo, penitipan barang, dan tempat untuk botram sehabis renang. Namanya juga air gunung, pasti terasa lebih dingin jika bermain basah-basahan di kolam ini. 
Untuk kamu yang tertarik main basahan-basahan di kolam renang kaki bukit Gunung Manglayang ini, rute mudah dilacak. Kamu masuk dari jalan utama, Jalan Ujung Berung atau Jalan Cilengkrang 1. Akses ke sama bisa memakai motor atau mobil. Untuk berenang, biaya masuknya cukup murah, Rp10.000 sudah bisa main basahan-basahan sepuasnya.

Tunggu apa lagi? Kalau sudah waktunya berwisata basah-basahan, ya sudah berangkat. Pilih semua lokasi wisata yang kamu sukai yang ada di kawasan Bandung timur ini ya. So, siapkan pula semua keperluan wisatamu agar wisatamu makin nyaman, apalagi kalau kamu mau mengabadikan semua momen piknikmu di akun media sosial.




-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS