5 Tips Kirim Barang Elektronik Rumah Tangga yang Aman dari Jakarta ke Bandung




 


Mengutip dari Kompas.com di masa pandemi Covid 19 salah satu barang yang banyak diincar masyarakat Indonesia adalah barang elektronik rumah tangga dan digital seperti smartphone, tablet, dan smart tv dengan perolehan 34%. Pernyataan ini berdasarkan hasil survei MarkPlus Inc yang dilakukan pada 500 responden di Jabodetabek yang berusia 20 sampai 45 tahun.

Alasan terbesarnya karena aktivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk anak sekolah dan work from home (WFH) pada saat itu. Ditambah lagi tren home cooking juga sempat naik daun untuk membantu mengisi waktu luang di rumah. Maka tak heran produk elektronik rumah tangga  seperti  blender, microwave, oven, dan mixer sangat tinggi demand-nya.

Saat membeli elektronik, pengiriman adalah salah satu hal yang patut Anda perhatikan. Apalagi jenis barang satu ini memiliki resiko kerusakan yang cukup tinggi. Lantas, bagaimana cara mengirimkan barang elektronik dengan aman tujuan Jakarta Bandung?

5 Tips Kirim Barang Elektronik Rumah Tangga

Agar pengiriman elektronik berjalan aman dan lancar, inilah beberapa tips kirim barang elektronik rumah tangga yang aman dari Jakarta ke Bandung:

1. Cari Kardus yang Ukurannya Pas

Pastikan kemas dengan melapisi produk elektronik rumah tangga menggunakan plastik atau kain berbahan lembut sebelum dibungkus kardus. Selain itu, untuk pemilihan kardus, pilih yang kokoh, tampilannya bagus dan ukurannya pas dengan barang yang akan dikirim. Kardus yang ukuran pas dengan produk yang akan dikirimkan bisa melindungi dari kerusakan.

Sedangkan jika ternyata kardus yang digunakan kurang pas atau terlalu besar, maka akan ada bagian kosong di kardus yang bisa menggesek atau membentur produk dari guncangan selama di perjalanan. Jika menggunakan kardus yang ukurannya terlalu kecil, bisa menekan barang elektronik sehingga  menekan sisi kardus dan membuat kardus cepat jebol.

2. Tambahan Perlindungan

Sebaiknya barang diberi pengemasan tambahan dari beberapa material untuk meningkatkan keamanan barang selama dalam perjalanan. Contohnya seperti kayu, foam, atau bubble wrap. Jangan beri tambahan kertas seperti koran karena kurang bisa menahan bentuk barang elektronik.

3. Pastikan Barang Elektronik Rumah Tangga Ditutup dengan Rapi dan Kuat

Bila isi dalam kemasan barang elektronik sudah dipastikan aman, sekarang waktunya untuk mengisolasi bagian sisinya dengan rapat, kencang, dan rapi. Anda bisa menggunakan isolasi di bagian sudut kanan kiri, atas, bawah membentuk huruf ‘H’ sehingga tidak mudah terbuka selamat di perjalanan.

Jika menggunakan dua box, pada box pertama, wajib rekatkan box dengan isolasi. Lalu masukkan box pertama tersebut ke dalam box kedua dan isi lagi ruang sisa dengan perlindungan tambahan di tiap sisinya.

4. Berikan Stiker Fragile atau Hati-hati

Wajib bagi seller yang menjual barang elektronik untuk memberikan stiker fragile atau jangan dibanting sebagai penanda jika barang yang dikirim tersebut perlu penanganan khusus. Sebaiknya stiker diletakkan di tempat yang pasti terlihat oleh petugas jasa kirim barang atau kurir, misalnya di dekat label alamat pengirim.

5. Pilih Jasa Pengiriman yang Berpengalaman dan Terpercaya

Saat ini sudah tersedia beragam jasa pengiriman barang yang memungkinkan mengantarkan barang-barang elektronik yang sudah dibeli di online ke rumah Anda. Namun, pastikan pilihlah yang sudah berpengalaman cukup lama dan terpercaya dengan mempertimbangka review dari para pengguna lain.

Seperti yang dilakukan oleh Lalamove di mana bisa mengantarkan segala jenis barang termasuk barang yang rentan rusak dan butuh kehati-hatian seperti barang elektronik rumah tangga baik yang ukurannya kecil hingga besar.

Untuk armada yang akan mengangkut barang elektronik kami memiliki  beragam pilihan yaitu mulai dari motor hingga mobil dari berbagai jenis. Ada sedan, mobil, MPV, box, engkel bak, engkel box, pick up bak, pick up van, hingga truk CDD.

Anda bisa memesan pengiriman barang kapan saja menggunakan aplikasi Lalamove serta melakukan penjadwalan pengiriman sampai 30 hari kedepan. Untuk memastikan estimasi pengiriman berjalan sesuai jadwal, Anda bisa melacaknya dengan mudah melalui aplikasi Lalamove lewat fitur live tracking.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir barang tidak sampai tujuan dengan tepat waktu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera download dan install aplikasi Lalamove sekarang juga untuk pengiriman barang besar yang aman dan tepat waktu.

 


-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS