Review

Floating Market Lembang, Tempat Wisata Favorit Keluarga di Bandung Utara




Floating Market Lembang

Destinasi wisata ini sudah menjadi tujuan favorit para wisatawan yang berlibur ke Bandung. Ya, Floating Market Lembang menyajikan tempat wisata yang sagala aya (segala ada). Lokasi wisata yang dulu dikenal denga Situ Umar ini letaknya persis di belakang Grand Hotel Lembang yakni di Jln. Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Bandung Barat. Pada musim liburan akhir tahun, sudah pasti tempat yang menyajikan aneka wahana wisata ini selalu menjadi tujuan utama para pelancong. Tempat ini memang sangat cocok untuk wisata keluarga.

Transaksi Menggunakan Koin
Tak terkecuali pada musim liburan menjelang tahun baru 2016, per 24 Desember 2015 harga tiket ke kawasan wisata yang terkenal di Bandung utara ini dibanderol Rp 20.000 per orang (selain ada harga tiket lanjutan untuk wahana lainya). Adapun harga sebelumnya bukan di musim liburan adalah Rp. 15.000. Penggunaan "mata uang" koin sebagai alat transaksi memang menjadi konsep Floating Market lembang. 

Untuk dapat berbelanja dan bermain di wahana permainan Floating Market Lembang, anda harus menukarkan uang anda dengan koin khusus. Koin khusus ini ada 4 jenis dengan 4 warna berbeda sesuai dengan nilai koin tersebut. Nilai koin yang ada yaitu dengan nominal 5.000 (kuning), 10.000 (biru). 50.000 (pink), dan 100.000 (oranye). Koin yang sudah anda tukarkan tidak dapat diuangkan kembali dan dapat Anda bawa pulang dan dipakai di kunjungan selanjutnya.

Aneka Wahana dan Harga Tiket
1. Menjelajah Danau dengan Perahu
Pada musim libuan di penghujung 2015, Anda bisa naik perahu mengitari danau sambil berselfie. Pemandangan di sini memang sangat indah. Anda bisa menyewa sepeda air dan kano dengan membayar biaya sewa Rp 50.000 untuk dua orang (untuk 30 menit). Jika ingin bareng-bareng, bisa menyewa sampan dengan tarif sewa Rp 70.000 (untuk 4 orang per 30 menit).

2. Bersantai di Saung (Gazebo)
Di sekitar danau juga disediakan gazebo untuk tempat bersantai yang lebih nyaman bersama keluarga. Gazebo-gazebo ini disewakan kepada para pengunjung dengan harga Rp 65.000,- per jam. Area di sekitar gazebo ini terdapat kolam renang mini dan juga terdapat persawahan hijau yang memberi pemandangan segar. Di sekitarnya pun, Anda bisa memberi makan aneka hewan ternak.

3. Memberi Makan Kelinci
Tempat lainnya di Floating Market yang menjadi favorit anak-anak adalah memberi makan kelinci.  Harga tiket masuk ke taman kelinci Rp 20.000 per orang. Dengan harga tersebut, Anda mendapatkan dua wortel sebagai makanan kelinci. Khusus bagi anak-anak, di arena bermain bisa mencoba naik becak mini. Pengunjung dapat menyewa satu becak dengan koin seharga Rp 20.000 per 4 putaran. Selain taman kelinci, di sini pun ada taman angsa. Di taman angsa selain berfoto dengan unggas putih dan dapat juga memberi makan.

4. Taman Miniatur Kereta Api
Wahana lainnya yang tak kalah menjarik adalah Taman Miniatur Kereta Api. Wahana ini disajikan lengkap dengan pernak perniknya. Maka tampilannya pun begitu menarik karena sangat mirip dengan rangkaian dan suasana perlintasan kereta api di dunia nyata. Tentunya bagi Anda yang membawa anak-anak, wahana ini akan menjadi sebuah pengalaman tersendiri yang begitu berbeda dan menarik bagi mereka untuk lebih mengenal alat transportasi ini. Dengan berlokasi di outdoor, maka saat hujan ruangan miniatur kereta api ini sehingga tak bisa beroperasi. Pengunjung bisa menikmati miniatur rute kereta di Padalarang dengan adanya miniatur jembatan Cikubang.

5. The Rock
Wahana lainnya ada The Rock yang dibuat dari fosil kayu, semacam pohon yang sudah membatu. Lokasinya di jalur dekat toilet dan parkiran motor.

6. Pasar Terapung
Pengunjung bisa melihat keunikan jual beli di atas air. Pasar Terapung ini biasa digelar setiap weekend, yakni pada hari Jumat hingga Minggu. Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan koin khusus. Ada 46 perahu yang ada di pasar terapung itu menjual aneka jajanan dan makanan serta  souvenir untuk oleh-oleh. Aneka jajanan yang bisa kita temui di pasar terapung ini antara lain: tahu lembang, siomay, surabi, ketan bakar, dim sum, duren bakar, otak-otak, tempe mendoan, martabak mini dan aneka jajanan lainnya.

7. Belanja Souvenir dan Menikmati Sajian Kuliner
Jangan lupa pula, di sini pun tersedia aneka pilihan menu kuliner, salah satunya di Kampung Leuit. Di tempat makan, Anda bisa menikmati aso tahu, colenak, siomay, tahu lembang, surabi, sosis bakar, tempe mendoan, batagor, lotek, jagung bakar, karedok, otak-otak, ketan bakar, duren bakar, jamur, dan makanan lainnya.

Di sini pun tersedia fasilitas lainnya, misalnya wisata petik strawberri; sentra aneka souvenir untuk buah tangan saat pulang ke rumah; main di sawah mini; bahkan fasilitas arena untuk main catur pun ada. Selain itu, tempat ini pun menyediakan fasilitas untuk family gathering atau foto-foto prewedding.

Floating Market Lembang
Jl. Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Kab. Bandung Barat
Telepon: (022) 2787766 / 0878-2388-4888

Jam operasional:
Week day: 09.00 - 17.00 WIB
Week End: 09.00 - 20.00 WIB

Info lainnya:
- Video Floating Market Lembang tonton di sini.
- Instagram Floating Market Lembang lihat di sini