Review

Sensasi Menikmati Panorama Cekungan Bandung dari Gunung Batu, Lembang




Gunung Batu Lembang

Jika Anda ingin berwisata di Bandung yang antimainstream, inilah spot menarik dimana pemandangan yang Anda saksikan tidak akan dilupakan. Apalagi bila Anda membawa kamera dan memotret lanskap Bandung dari ketinggian. Bila Anda berkunjung malam hari, pemandangan perkotaan cekungan Bandung akan menjadi sensasi tersendiri. Tempat ini pun dekat dengan lokasi wisata lain, seperti Kebun Bunga Begonia, sentra anggrek dan kaktus Rumah Bunga Rizal, wisata a la koboy De'Ranch, wisata pasar terapung Floating Market, atau pemandian air panas dan air terjun Maribaya Hot Spring.

Dan ini bila Anda beruntung pemandangan Bandung yang ada di bawah tidak terhalang kabut atau awan. Anda akan menyaksikan bangunan-bangunan di perkotaan Bandung dihiasi lampu-lampu yang marakbak (terang benderang). Untuk ke tempat ini asyikan rame-rame sambil touring kendaraan roda dua atau bawa mobil pribadi. Jangan lupa, berkunjung ke tempat ini tetap jaga keasrian lingkungan dengan tidak buang sampah sembarang atau mencorat-coret dinding batu yang ada di sana.

Inilah kawasan Gunung Batu di Lembang, bagian bentang dinding alam di utara Bandung yang termasuk kawasan patahan Lembang. Di sini tersembul bukit bebatuan yang bisa Anda daki tanpa terlalu ribet. Ya, Gunung Batu bisa pengunjung naiki tanpa harus menggunakan peralatan mendaki. Anda tinggal berjalan kaki ke puncak dan menyusuri bebatuan besar yang ada di sana. Sampai di puncak Gunung Batu, Anda akan menyaksikan panorama lanskap Bandung dari posisi  ketinggian 1228 di atas permukaan laut.

Bagian Jalur Patahan Lembang
Inilah lokasi alam yang erat kaitannya dengan asal usul terbentuknya cekungan Bandung yang kini padat oleh penduduk. Gunung Batu Lembang diprediksi terbentuk dari aliran lava karena akibat letusan dari Gunung Sunda purba yang meletus sekitar 500.000 tahun yang silam. Dan seperti tadi disebutkan bahwa tempat ini bagian rangkaian patahan Lembang. Patahan lembang merupakan salah satu patahan yang lokasinya berada di darat, bahkan memotong daerah Bandung yang padat pemukiman penduduk.

Patahan Lembang memiliki panjang 22 km, melingkupi daerah Jawa Barat, membentang dari timur hingga barat. Gawir sesar disepanjang jalurnya mencerminkan besaran pergeseran sesar berubah dari sekitar 450 meter di ujung timur (Maribaya dan Gunung Palasari) hingga 40 meter di sebelah barat (Cisarua). Kemudian, sesar menghilang di ujung barat di sekitar utara Padalarang.

Adapun pergeseran Patahan Lembang yaitu 4 - 6 mm/tahun. Dan patahan ini sekarang kondisinya masih "tidur". Patahan Lembang inilah yang suatu waktu berpotensi menimbulkan gempa. Untuk itu, di puncak Gunung Batu pun ada bangunan yakni stasiun pengukur gempa untuk memantau aktivitas gempa yang terjadi di patahan Lembang.

Pemandangan Gunung-Gunung yang Mengitari Bandung
Kembali ke pesona dari Gunung Batu, dari ketinggian alam inilah Anda bisa menyaksikan paku-paku bumi yang lain antara lain Gunung Burangrang (2064 m), Gunung Tangkuban Parahu (2086 m), dan Gunung Putri (1338 m) di arah utara.  Lalu ada Gunung Bukittunggul (2206 m), Gunung Palasari (1856 m). Di kejauhannya ada Gunung Manglayang (1850 m) dan Pangparang (1957 m) di arah timur.  Sementara di arah selatan, jika tidak terhalang kabut/awan bisa menyaksikan gagahnya Gunung Malabar (2329 m), Gunung Haruman (2141 m), dan Gunung Patuha (2440 m).

Lokasi dan Rute ke Gunung Batu Lembang
Lokasi Gunung Batu sendiri terdapat di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kab. Bandung Barat. Di Gunung Batu pun terdapat makam yang oleh penduduk setempat biasa dinamakan Makam Mbah Jambrong. Entah siapa yang dikebumikan di makam tersebut. Untuk mencapai tempat tersebut, sebetulnya tidak terlalu sulit karena dekat dengan pusat Lembang (Pasar Panorama). Bisa juga diakses melalui jalur alternatif dari arah Puncak Ciumbuleuit (Punclut) atau Jalan Dago Giri yang tembus ke Lembang.

Untuk akses ke Gunung Batu, Anda bisa menggunakan angkutan kota jurusan Lembang-Cibodas, naik delam, ataupun naik ojek. Bila tidak ingin terlalu ribet, bisa sewa ojek atau delman yang ada di Pasar Panorama Lembang/Alun-Alun Lembang. Kemudian Anda turun di Jln. Maribaya (dekat wisata Rumah Bunga Rizal). Selanjutnya, Anda tinggal berjalan kaki menuju Gunung Batu, melewati perkampungan di sekitar Buni Asih.

Setelah keluar dari perkampungan, ada sebuah tanjakan terjal di sekitar Buniwangi. Dari ujung tanjakan (sebelum masjid), ada sebuah jalan baru di kanan menuju ke barat dan ikuti jalan ke lokasi Gunung Batu tersebut. Dan mulailah pendakian ke puncak Gunung Batu yang tidak memakan waktu lama. Di sini pun Anda bisa membawa tenda atau menjajal panjat tebing.

Gunung Batu Lembang
Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kab. Bandung Barat
[Lihat peta lokasi]

- Video di Gunung Batu Lembang  TONTON DI SINI
- Foto-foto di Gunung Batu Lembang LIHAT DI SINI