Review

Layanan Wisata Sepeda di Bandung




Paket Wisata Sepeda di Bandung

Gedung-gedung dan spot-spot sejarah di Bandung merupakan destinasi wisata yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Berhubungan dengan sejarah, Bandung meninggalkan ragam jejak tempo dulu yang masih bisa dinikmati sampai sekarang. Selain mengenal lebih dekat, para wisatawan pun dapat memotret gedung-gedung peninggalan sejarah yang ada di kawasan pusat kota Bandung.

Wisatawan dapat melihat dan mengetahui lebih mendalam seputar gedung atau spot wisata yang ada di Bandung, seperti jejak peninggalan Soekarno, Gedung Pendopo, Makam para pendiri Bandung, Hotel Savoy Homann, Gedung Merdeka, Gedung Bank Indonesia, Jembatan Viaduct, hingga Gedung Balai Kota Bandung yang jadi kantor dinas Ridwan Kamil sekarang.

Wisata mengenal sejarah Kota Bandung
Untuk lebih mengenalkan wisata sejarah Kota Bandung kepada wisatawan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menyajikan wisata sejarah dengan bersepeda. Progrma yang diluncurkan tersebut merupakan kerjasama dengan Komunitas Eco Transport dan Komunitas Aleut. Program ini sekaligus untuk mengembalikan kembali Kota Bandung sebagai kota ramah sepeda.

Komunitas Aleut adalah komunitas yang concern pada sejarah Bandung. Komunitas ini didirikan Ridwan Hutagalung, Direktur Program Radio Mustika FM Bandung sebagai pendirinya. Dalam siaran di radio dulu, Ridwan biasa menyajikan wawasan sejarah Kota Bandung yang sebagian besar bersumber dari buku karya Haryoto Kunto, Wajah Bandoeng Tempo Doeloe. ”Ngaleut” artinya berjalan beriringan. Maka, komunitas tersebut kerap ”ngaleut” menyusuri situs penting. Mereka membuat jargon ”Ngaleut: tjara asjik mengenal Bandoeng”.

Paket wisata sepeda
Dalam layanan wisata sepeda Bandung ini, ada paket yang ditawarkan yakni:
1. Wisata sepeda jejak sejarah ‎Soekarno di Bandung. Paket ini menawarkan bersepeda mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang pernah digunakan atau bahkan dibangun oleh Presiden Indonesia pertama, Soekarno sampai ke sel bekas Soekarno ditahan yakni di Penjara Banceuy.
2. Paket lwisata sepeda Archipelwijk, merupakan program wisata sepeda untuk lebih mengenal area jalan pakai degan nama pulau dan kota seperti Jalan Bangka, Sumatera, Aceh, Menado, Ambon dan lainnya. Salah satu kawasan bangunan tua yang ada di sana adalah area Markas Kodam III/Siliwangi.

Fasilitas
Setiap peserta akan mendapatkan fasilitas sepeda dan satu kali makan.

Rute wisata sepeda Bandung
Rute wisata sepeda Bandung Baheula: Pendopo Kota Bandung, Makam Dalem Kaum, Makam Bupati Bandung, Hotel Preanger dan Homan, spot 0 kilometer Bandung dan Jalan Asia Afrika, Gedung Merdeka, Jalan Banceuy-Tamblong-Naripan, Jalan Braga, Viaduct, dan Balai Kota.

Jadwal dan kontak
Untuk kegiatan wisata sepeda di Bandung biasa dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Untuk informasi reservasi dan informasi lebih lengkap, silakan hubungi narahubung di bawah ini:
- Wildan 0856-2471-0050
- Heru Handoko 0812-1020-0628