Review

Tips Wisata Libur Lebaran di Bandung




Tips Wisata Saat Libur Lebaran di Bandung

Liburan Lebaran menjadi salah satu momen untuk menikmati aneka tempat wisata bareng keluarga. Tak terkecuali Bandung mungkin menjadi salah satu favorit Anda untuk menghabiskan liburan selama beberapa hari. Berikut ini kami sajikan beberapa tips saat Anda memilih libur Lebaran di seputaran Bandung.

1. Pilih waktu liburan
Untuk hari H Idulfitri, mungkin tidak disarankan untuk momen yang pas buat melakukan perjalanan liburan di Bandung. Karena hari pertama Idulfitri untuk kawasan Bandung masih fokus dengan urusan silaturahmi dan ziarah.

Para warga di seputaran Bandung, pada hari H Lebaran biasanya setelah salat ied banyak yang langsung keluar rumah untuk silaturahmi atau berziarah ke makam. Kebiasaan seperti ini biasa berlangsung hingga H+1. Untuk kawasan tertentu, terutama di pinggiran Kota Bandung, biasa terjadi kemacetan. Begitu pula tempat wisata atau tempat belanja banyak yang masih tutup.

2. Hindari kemacetan
Seperti tadi disebutkan, untuk jalur-jalur di kawasan tertentu seperti di arah selatan (Bojongsoang, Baleendah, Ciparay, dsb.) atau timur ke arah Cileunyi biasanya masih terjadi antrean kendaraan. Hal itu baik warga Bandung yang ingin bersilaturahmi maupun warga luar yang mudik. Untuk jalur tengah (Jln. Soekarno-Hatta - Cibiru - Cinunuk - Cileunyi) biasa jadi lintasan para pemudik yang kebanyakan pengendara motor.

Namun, ada pula kawasan tertentu dari H+ Lebaran yang jalanannya mulai dipenuhi kendaraan mereka yang ingin berwisata. Biasanya untuk jalur ke kawasan Wisata Ciwidey dan arah ke Lembang. Untuk kawasan wisata Ciwidey memang setiap momen Lebaran jadi tempat favorit warga Bandung yang berlibur. Bahkan jalur ke Ciwidey biasanya sangat padat, terutama penuh oleh kendaraan roda dua. Untuk info update seputar lalu lintas Bandung, Anda bisa mengeceknya di twitter @prfmnews. Bisa pula Anda mengecek kepadatan lalu lintas dengan aplikasi Google Maps atau Waze.

Bagi yang bawa kendaraan pribadi, untuk menuju Bandung hindari keluar tol Pasteur. Anda bisa memilih keluar lewat exit tol Moh. Toha, Kopo, Pasirkoja, atau Buah Batu. Saat H+, lalu lintas ke arah kota biasanya tidak sepadat keluar tol Pasteur, bahkan cenderung lengang. Sementara bagi yang tidak bawa kendaraan pribadi, bisa menggunakan jasa layanan taksi atau ojek online.

3. Pilih wisata kuliner
Bila Anda di Bandung pada hari H dan sudah tinggal di hotel/penginapan, bisa memilih untuk wisata kuliner. Ya, wisata kuliner di Bandung saat hari H biasanya banyak yang beraktivitas seperti biasa. Anda bisa memilih wisata kuliner yang ada di pusat kota. Beberapa pilihannya seperti di kawasan Jln. Burangrang atau ke Puncak Ciumbuleuit (Punclut). Lokasi lainnya yang biasa jadi tempat favorit wisata kuliner adalah di kawasan Lembang dan dekat Gedung Sate (Jln. Cilaki, Jln. Riau, dan sepanjang Jln. Dipatiukur).

4. Tempat wisata favorit libur Lebaran
Untuk wisata favorit warga Bandung dan sekitarnya pada hari H dan H+ Lebaran biasanya ke Kebun Binatang Bandung di Jln. Tamansari. Adapun tempat wisata lainnya yang biasa jadi pilihan wisatawan dari luar kota, di antaranya: Tangkuban Parahu, Kampung Gajah Wonderland, Trans Studio Bandung (TSB), Dago Dreampark, Floating Market, Rumah Hobbit Farmhouse Susu Lembang, Terminal Wisata Grafika Cikole, D'Ranch Lembang, Maribaya, The Logde Maribaya, Ciwidey Valley, Lakeside Situ Patenggang, Kawah Putih, dan lainnya.

5. Kolam renang jadi pilihan wisata keluarga
Dalam momen libur Lebaran, tempat wisata kolam renang biasa jadi pilihan wisata favorit.  Apalagi tempat-tempat wisata kolam renang di Bandung kini banyak yang menyajikan konsep wisata terpadu. Beberapa tempat wisata kolam renang yang biasa jadi pilihan, di antaranya: Kampung Gajah Waterboom, Panghegar Waterboom di Jln. Mengger; Pesona Nirwana Waterpark di Soreang; Karangsetra Waterland di Jln. Sirnagalih (Ledeng); Villa Kancil di Solokanjeruk/Majalaya; Tektona Waterpark di Malakasari, Baleendah; AW Strawberry di Pacet (Ciparay); juga tempat wisata kolam renang air panas di Ciwidey (Cimanggu, Ciwalini, Ciwidey Valley, Emte Highland, dll.).

6. Wisata ruang publik
Inilah tempat wisata yang jadi primadona dan instragamable banget bagi wisatawan luar kota. Selain lokasi-lokasinya mudah dijangkau, masuknya pun gratis. Anda bisa berkeliling menjelajah tempat wisata publik yang ada di Kota Bandung saat libur Lebaran kali ini. Beberapa wisata area publik yang jadi favorit wisatawan di antaranya: Teras Cihampelas (skywalk), Teras Cikapundung, Taman Sejarah, Taman Balai Kota, Taman Tepian Sungai Cikapayang, Taman Vanda, kawasan Jln. Asia Afrika (Cikapundung River Spot, Gedung Merdeka, Taman Alun-Alun, dll.), Taman Lansia, Taman Superhero, atau ke kawasan Jln. Braga. Sementara bagi yang pula wisata dari Ciwidey, ada pula taman ruang publik di dekat Gedong Sabilulungan Soreang.

7. Wisata belanja
Untuk wisata belanja, di Bandung sendiri biasanya sentra-sentra belanja banyak yang mulai buka saat H+ Lebaran. Sesudah Lebaran, pusat-pusat belanja di Bandung biasa menyajikan penawaran diskon yang memikat. Ini mulai dari tempat belanja di mall, distro, factory outlet, hingga pasar-pasar. Anda bisa mencoba belanja di kawasan factory outlet yang ada di sepanjang Jln. Riau atau Dago, Pasar Baru, Trans Studio Mall (TSM), Festival Citylink; sentra sepatu Cibaduyut, Paris van Java Mall, Click Square di Jln. Naripan, Bandung Indah Plaza (BIP). kawasan fashion Cihampelas, sentra belanja pakaian muslimah di sepanjang Jln. Buah Batu, sentra kain Cigondewah, Pasar Andir, sentra distro di Parahyangan Plaza dan Jln. Trunojoyo, dan tempat belanja lainnya.

8. Selalu waspada
Bagaimanapun kehati-hatian tetap harus Anda jaga. Baik itu saat mengemudikan kendaraan atau menjaga barang Anda. Apalagi sekarang kondisi cuaca tidak menentu. Beberapa jalur ke tempat wisata memerlukan kewaspadaan dan kehati-hatian, seperti jalur ke kawasan wisata Ciwidey atau ke arah wisata Lembang. Pastikan Anda dan kendaraan fit. Kondisi jalan menanjak, sempit, dan macet seperti ke Ciwidey memerlukan konsentrasi dan stamina lebih. Begitu pula kendaraan harus laik jalan.

Jangan lupa pula jaga barang-barang berharga Anda seperti dompet, handphone, kamera, tas, dan lainnya. Maklum saja, saat musim liburan tentu banyak sekali wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat wisata. Hal tersebut kadang dimanfaatkan oleh orang yang berniat jahat. Pastikan kendaraan Anda terkunci benar; jangan meninggalkan barang berharga di mobil; jaga barang berharga Anda bila di tempat umum; juga jaga selalu buah hati Anda saat menikmati wisata.