Inilah Rangkaian Event Hari Jadi Kota Bandung ke-206 Tahun 2016




Rangkaian Event Hari Jadi Kota Bandung ke-206 Tahun 2016

Milangkala Bandung Festival (MBF) 2016 bakal digelar dalam rangka Hari Jadi Kota Bandung ke-206. Beberapa kegiatan akan diadakan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung dari festival kuliner, Bandung Great Sale, kompetisi foto, hingga  penas band indie Bandung.

Untuk lebih menarik lebih banyak jumlah wisatawan, Pemerintah Kota Bandung mengintensifkan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata. Dimana, ada delegasi dari sembilan negara di Amerika Selatan yang akan ikut serta dalam Summer Food Festival pada 20 Agustus di Balai Kota. Kesembilan negara tersebut adalah ‎Argentina, Brasil, Cile, Ekuador, Karibia, Kolombia, Kuba, Peru, Suriname, dan Venezuela.

Selama tiga bulan rangkaian acara tersebut, Disbudpar menargetkan bisa menggaet sampai 1.000 wisatawan mancanegara. Dari 6,061 juta wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung Sementara acara milangkala (ulang tahun) Kota Bandung tahun 2016 ini akan dimulai dari Agustus hingga akhir tahun.

Berikut ini beberapa acara yang akan digelar dalam memperingati Hari Jadi Kota Bandung ke-206 tahun 2016.

1. Summmer Food Festival
Lokasi: Balai Kota Bandung
Tanggal: 20 Agustus 2016
Deskripsi:
Event ini merupakan pembuka rangkaian acara Milangkala Bandung Festival (MBF) 2016. Event culinary night ini dimeriahkan oleh delegasi dari sembilan negara Amerika Selatan seperti Argentina, Brazil, Chili, Ekuador, Karibia, Kolombia, Kuba, Peru, Suriname, dan Venezuela. Para pengunjung juga akan dihibur oleh performa musik dan pentas seni budaya sambil menikmati sajian kuliner.

2. Soanten Fest 2016
Lokasi: Bikasoga Sport Center (tentatif)
Tanggal: 3 September 2016
Deskripsi:
In merupakan festival musik indie bertema audisi band. Acara ini sengaja digelar jauh dari tengah kota. Dengan tujuan agar kemeriahan HUT Bandung juga dapat dirasakan di daerah-daerah yang jauh dari tengah kota Bandung. Peserta band akan diaudisi secara online dan 5 peserta terbaik akan tampil secara langsung di panggung Soanten Fest. Acara ini diharapkan akan menarik perhatian, khususnya anak muda dengan tujuan melahirkan band baru untuk dapat berkreasi dan berkompetisi di industri musik Indonesia.

3. Bandung Great Sale 2016
Lokasi: Kota Bandung
Tanggal: 10 September-9 Oktober 2016
Deskripsi:
Bandung Great Sale akan digelar di Kota Bandung. Masyarakat Kota Bandung dan terutama para pengunjung dari luar kota bahkan mancanegara. Bisa mendapatkan potongan harga atau bonus belanja yang diberikan oleh para pelaku bisnis yang ikut serta.

Disbudpar Kota Bandung menargetkan event ini akan diikuti resto, kafe, hotel, mall, departemen store, FO, distro, tempat hiburan keluarga di Kota Bandung. Selain itu tidak menutup kemungkinan pertokoan atau pasar tradisional dapat ikut serta mendukung acara Bandung Great Sale.

4. Funtastik Day
Lokasi : Balai Kota Bandung (tentatif)
Tanggal: 25 September 2016
Deskripsi:
Ini adalah kegiatan antarkomunitas yang ada di Kota Bandung dengan berkreasi menggunakan kostum unik. Setiap komunitas dapat mengirimkan 10-20 orang untuk mengikuti kegiatan ini dan memperebutkan hadiah dari tiga kategori:

a. Thes Best Costume (perseorangan)
b. The Best Group (komunitas)
c. The Best Yell-Yell (komunitas)

Kegiatan ini diadakan disela-sela Bandung Great Sale 2016 bertujuan untuk memberikan hiburan bagi para pengunjung yang sedang menghabiskan waktu di Bandung.

5. Bandung Light Fest 2016
Lokasi  : Jalan Diponegoro-Jala  Asia Afrika (tentative)
Tanggal : 9 Oktober 2016
Deskripsi:
Bandung Light Fest 2016 ini akan diramaikan oleh pawai kendaraan lampu hias. Tahun ini tema yang diangkat adalah Robot Galactica. Dengan memperebutkan piala Wali kota Bandung dan hadiah utama maka semua peserta pawai kendaraan hias ini akan menampilkan performa terbaik dan ide yang kreatif. Selain SKPD Pemkot Bandung, perusahaan swasta juga bisa untuk mendaftatkan diri untuk terlibat dalam kegiatan kali ini.

Sementara rute yang digunakan Jalan Diponegoro dan berkahir di Jln. Asia Afrika.  Ditargetkan ada lebih dari 50 kendaraan hias yang akan meramaikan acara Bandung Light Fest 2016.

6. Bandung Inframe Photo Competition 2016Lokasi  : Kota Bandung
Tanggal : 15 September-10 Desember 2016
Deskripsi:
Disbudpar Kota Bandung mengadakan sebuah kompetisi fotografi yang bertajuk Bandung Inframe Photo Competition. Tema yang diangkat adalah Lets Go Explore Bandung, yang memiliki misi mengabadikan dan mempromosikan sisi eksotis pariwisata Kota Bandung melalui sebuah foto.

Ada lima kategori yang dilombakan yaitu Festival Budaya, Landscape, Arsitektur, Human Interest dan kuliner. Kompetisi fotografi ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas. Tentang keindahan pariwisata Kota Bandung yang diabadikan ke dalam sebuah foto, yang nantinya akan menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung.

Pendaftaran dan periode lomba: 15 September - 15 Oktober 2016

7. Fermenstation 2016
Lokasi  : ITB dan Cikapundung Riverspot
Tanggal : 29 Oktober 2016
Deskripsi:
Ini merupakan event olaborasi antara desainer dan scientist. Lebih dari sekedar mengedukasi masyarakat tentang fermentasi. Fermenstation 2016 hadir sebagai bentuk kontribusi mahasiswa, untuk menggerakan roda perekonomian industri kreatif dan meningkatkan kesejahteraan pelaku industri kecil di Kota Bandung. Dengan mengaplikasikan keilmuan deainn dalam pengembangan produk inovasi pangan untuk meningkatkan nilai produk fermentasi, membantu petani, mengelola kualitas dan cita rasa pangan indonesia.

Melalui produk makanan fermentasi sebagai hasil inovasi pangan, karya mahasiswa mikrobiologi ITB dan dibantu oleh mahasiswa desain produk ITB dalam pengembangan desain kemasan yang baik. Fermenstation 2016 akan diisi oleh beberapa pre-event di ITB dan akan ditutup dengan puncak acara Food Festival dan Wahana Interaktif pada tanggal 29 Oktober 2016 di Cikapundung Riverspot.

Baca juga: Inilah Rute dan Rangkaian Acara Bandung Light Fest 2016

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS