Review

22 Tempat Wisata Anak Paling Ngehits di Bandung Selatan



Tempat wisata anak favorit di Ciwidey

Diresmikannya jalan tol Soroja memberi dampak pada kunjungan wisatawan. Akses ke Bandung Selatan pun kini lebih mudah dimana wisatawan dari arah tol Purbaleunyi menuju gate Pasirkoja bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Bandung Selatan lewat tol Pasirkoja. Selain tol Pasirkoja, ada juga alternatif ke tempat-tempat wisata Bandung Selatan melalui GT Kopo dan GT Buah Batu.

Bagi Anda yang sedang mencari informasi seputar tempat wisata anak di Bandung Selatan, berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Tektona Waterpark - Kampung Batu Malaksari
Kampung Batu Malakasari atau bisa dikenal dengan Tektona Waterpark. Lokasinya berada di Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari, Kec. Baleendah, Kab. Bandung. Dengan lokasi wisata seluas 50.000 meter persegi ini, pengunjung bisa wisata berenang, naik perahu, outbond, fun games, hingga mencicipi kuliner. Kawasan ini mempunyai ragam fasilitas yang bisa digunakan pengunjung.

Di sini ada kolam renang, danau, aula, area food court, masjid, hingga area parkir yang luas. Di lokasi wisata ini bisa jadi tempat liburan anak-anak sekolah, gathering kantor, wisata keluarga, hingga tempat latihan manasik haji anak-anak PAUD/TK.

2. Taman Kelinci Ciwidey
Tempat ini memang mengkhususkan pada wisata interaksi dengan kelinci. Namanya Taman Kelinci. Bila dari arah Kota Bandung, letak Taman Kelinci di Ciwidey ini berada di jalur utama (sebelah kiri), tepatnya di Jln. Raya Ciwidey Rancabali km 33.7 Desa Cikembang, Panundaan Ciwidey, Kabupaten Bandung Taman Kelinci Ciwidey dibangun diatas lahan seluas 1.7 hektare yang dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata di kawasan Bandung Selatan dengan kelinci sebagai konsep utamanya.

3. Pesona Nirwana Waterpark
Pesona Nirwana Waterpark berlokasi di Kampung Legok Jeungjing di Desa Panyirapan, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Untuk menuju lokasi ini ke arah Soreang, Kab. Bandung lalu dari Kantor Pemda arahkan kendaraan ke kiri menuju Desa Panyirapan.

4. Kampoeng Tulip
Kampoeng Tulip yang berada di Jl. Pasir Pogor, Ciwastra.  Area di dalam perumahan dengan luas sekitar 800 meter persegi ini menjadi sebuah kampung wisata berupa taman bunga lengkap dengan fasilitas kolam-kolam. Maskot kincir angin pun menjadi ikon di Kampoeng Tulip ini.

Kampoeng Tulip menyajikan aneka objek yang cocok buat selfie atau wefie. Di sini, pengunjung bisa berfoto dengan view kolam, bunga, rumah gaya Belanda, atau sepeda. Tampilan objek dan pernak-pernik di area wisata ini pun warna-warna sehingga memancing keceriaan para pengunjungnya. Di sini pun ada area untuk naik perahu, belajar panahan, terapi ikan, dan lainnya.

5. Panghegar Waterboom
Lokasi wahana wisata bermain air ini ada di daerah Bandung selatan, tepatnya di Jl. Mengger Tengah No. 37, Bandung. Lokasi wisata berenang ini cocok bagi pengunjung, terutama anak-anak, yang ingin bermain sambil berolahraga air. Areanya terbilang luas dan ditunjang dengan konsep fasilitas terpadu. Area kolam renang di lokasi wisata ini cocok juga bagi para remaja dan orang tua. Fasilitas di sini pun terbilang lengkap, dari tempat parkir yang luas, kantin, mushola, hingga ruang ganti.

6. Kolam Renang AW Strawberry
Objek wisata AW Strawberry di daerah Pacet, Kab. Bandung. Lokasinya lumayan mudah dijangkau dari Kota Bandung. Tinggal mengarahkan kendaraan ke arah Ciparay, dari Terminal Ciparay naik terus hingga ke Jln. Raya Pacet KM 15, Pacet, Kertasari, Kab. Bandung. Jalan yang dilalui dari Ciparay hingga ke tempat wisata ini lumayan mulus. Menjelang objek wisata memang jalannya menanjak. Di sinilah kita bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian. Tempat wisata ini cocok buat mengasuh anak-anak.

7. Ciwidey Valley Resort
Berlokasi di Barutunggul KM 17, Alamendah, Rancabali, Ciwidey. Jaraknya beberapa ratus meter sebelum kawasan wisata Kawah Putih. Ciwidey Valley Resort menjadi tempat wisata favorit baru di Bandung selatan. Banyak wisatawan yang kini mencantumkan Ciwidey Valley Resort sebagai tujuan berwisata di Bandung.

8. Fun Station Bandung
Tempat wisata petualangan anak ini berada di kompleks perumahan Singgasana Pradana/Mekarwangi. Lokasinya tak jauh dari Jln. Moh. Toha dan Cibaduyut. Jika keluar tol Moh. Toha belok kiri ke arah Kompleks Mekarwangi kemudian ke arah Perumahan Singgasana Pradana (lebih dekat dari arah Jalan Cibaduyut). Untuk ke dalam perumahan memang tidak ada akses angkutan umum.

Konsep yang ditawarkan di Fun Station Bandung adalah wahana permainan indoor dan outdoor. Salah satu keunikan Fun Station Bandung karena memiliki maze atau wahana labirin yang akan merangsang kecerdasan anak untuk mencari jalan keluar dari labirin tersebut. Beberapa taman labirin bahkan ada yang berdindingkan tanaman hingga dari tembok yang disusun dengan baik. Taman labirin ini berada di area depan dekat pintu masuk.

9. Pemandian Air Panas Ciwidey
Ada banyak pilihan tempat pemandian air panas di Ciwidey yang cocok buat anak-anak. Anda bisa membawa anak-anak ke Ciwalini ataupun Cimanggu.

10. Taman Bunga Ala Eropa di Barusen Hills
Tempat ini kini menjadi hits di media sosial, terutama instagram. Banyak netizen terutama kawula muda yang mengunggah foto-foto keindahan di Barusen Hills. Spot berfoto di antara bunga-bunga di Barusen Garden atau di depan kincir angin sangat indah dan memesona. Belum lagi foto kawasan Barusen Hills yang dipotret dari ketinggian. Bagi yang ingin memotret dengan sisi romantisme, ada taman berupa paduan bunga-bunga membentuk simbol love. Fasilitas di Barusen Hills: kolam renang, taman bunga, area parkir yang luas, saung-saung, tempat bilas, kantin, villa-villa, dll.

Lihat juga:
Tempat-tempat wisata favorit di Bandung

11. Wisata Adventure Villa Kancil - Kampoeng Sunda
Tersedia fasilitas kolam renang untuk Anda dan keluarga, yaitu : waterboom, kolam renang prestasi, jacuzzi (kolam rendam hangat), kolam pelangi, dan kolam anak. Buat Anda sekeluarga pun tidak perlu repot lagi membawa makanan dari rumah. Semua sudah tersedia di sini: nasi timbel, bakso, jus, sate, lotek, rujak, sosis, dan berbagai olahan makanan lainnya. Di Villa Kancil sekarang terdapat banyak pilihan saung lesehan di berbagai lokasi yang sangat nyaman untuk berkumpul dan bersantap makanan bersama. Kapasitas mulai 6 orang sampai 150 orang.

Villa Kancil Kampoeng Sunda berlokasi di Jln. Raya Desa Padamukti, Kecamatan Solokan Jeruk, Kab. Bandung, Jam Buka Sabtu – Kamis : 08.00 – 17.00, Jumat : libur.  Kontak telepon 0821-1695-2225 / 0852-2226-4748.

12. Tamada All Age Adventure
Bagi Anda yang tengah mencari tempat wisata berkonsep petualangan keluarga, tempat ini bisa menjadi pilihan. Untuk menjangkau tempat wisata Tamada All Age Adventure, dari arah Terminal/Alun-Alun Ciparay terus ke atas ke arah Cikoneng (SPBU Cikoneng ke arah atas). Lokasi tempat wisata ini tepatnya berada di Kampung Babakan Cilandak RT 02 RW 07, Desa. Cipeujeuh, Kec. Pacet, Kab. Bandung.

Dengan konsep tempat wisata rekreasi dan pendidikan, di sini anak anak dan semua umur bisa menjajal aneka wahana. Anak-anak bisa bermain dengan tidak menghilangkan kegembiraannya dalam bermain. Anak-anak bisa bermain di lingkungan alam dimana wahana yang disediakan benar-benar menyatu dengan alam.

Tamada All Age Adventure berlokasi di Jln. Raya Pacet KM. 6, Kp. Babakan Cilandak RT 02 RW 07, Desa Cipeujeuh,Kec. Pacet, Kabupaten Bandung, jam operasional: pukul 7.30 - 17.30 WIB. Kontak: 0813 9481 6000  / 0813 2063 5000.

13. Wisata Keluarga Kampoeng Sawah
Ini merupakan tempat wisata kuliner dan rekreasi anak-anak. Untuk rekreasi sambil olahraga, bisa nyebur di kolam renang Kampoeng Sawah. Lokasi kolam renang berada persis di sebelah area makan. Di sini ada lima kolam renang untuk anak dan dewasa. Kolam renang merupakan fasilitas unggulan di Kampoeng Sawah. Sumber airnya pun dari air tanah yang higienis alias bukan olahan yang kadang bikin mata perih. Lokasinya di Jl. Gandasari No. 152, Soreang, Kab. Bandung. Telepon: (022) 5892396. Jam buka: pukul 08.00 - 21.00 WIB.

Di restoran ini bisa dijadikan tempat kumpul keluarga, reuni, arisan, atau menggelar resepsi pernikahan. Fasilitas lainnya ada kolam pemancingan yang sangat luas. Anda dan keluarga bisa bersama-sama memancing di kolam pemancingan Kampoeng Sawah. Untuk memancing bisa sendiri atau paket rombongan.

14. Spot Berfoto Dermaga Kawah Putih
Kini di tengah danau vulkanik dengan lanskap Gunung Patuha, hadir dermaga apung yang melintang sepanjang 50 meter dan lebar 2 merer. Menjorok dari pinggir danau ke pulau kecil yang menyembul di tengah permukaan danau. Dermaga apung atau Dermaga Ponton menjadi wahana baru di objek geo wisata Kawah Putih yang dibangun padapertengahan bulan Agustus 2017 lalu. Dibangunnya dermaga ponton merupakan inovasi pengelola Kawah Putih untuk menghadapi persaingan wisata di Wilayah Bandung Selatan.

15. KidCity Transmart Buah Batu Square
Salah satu lokasi favorit yang ada di TransMart Buah Batu buat wisata anak adalah KidCity. KidCity adalah arena bermain keluarga yang dilengkapi dengan berbagai wahana menarik. KidsKidCity hadir di lantai paling atas Transmart Buah Batu. KidsCity menjadi ajang rekreasi keluarga di mana orang tua bisa bersantai sementara anak-anak bermain dalam suasana yang aman.

Begitu Anda menaiki eskalator menuju KidsCity Buah Batu, Anda akan disambut dengan aneka wahana permainan juga spot selfie. Untuk uji adrenalin, pengunjung bisa menjajaln wahana Crazy Cab Coaster (roller coaster), Skyscraper, Happy Swing, dan lainnya. Wahana ini memerlukan minimum tinggi badan dan usia karena cukup memicu adrenalin dan berhubungan dengan ketinggian.

Sedangkan untuk wahana yang memerlukan pendampingan orang yang lebih dewasa ada: Sky Rider dan Bumper Car (bom bom car). Dan untuk anak yang lebih kecil ada Softplay di mana anak bisa melatih motoriknya dalam arena bermain seperti perahu mini. Ada juga area Game Zone di mana terdapat berbagai game konsol permainan untuk anak maupun dewasa.

16. Wisata Alam Yasmin Kartika Suri.
Berlokasi di Kp. Citiis, Desa Mekarjaya, Kecamatan Arjasari, Banjaran Kab Bandung. Telepon: 0812-1431-4835. Wisata Alam Yasmin Kartika Suri. Tempat wisata berkonsep ekowisata ini berdiri di atas lahan seluas 2 hektare.

Dari luas tersebut, 2 hektare dikembangkan untuk kolam renang dan waterboom dengan berbagai fasilitas pendukungnya seperti gazebo, aula, rumah makan, tempat istirahat, air panas dan mushola.Sementara lahan sisa 6 ha tetap menjadi kawasan hutan konservasi yang hijau dan rindang penuh dengan pepohonan kayu dan buah-buahan.

17. Waterboom Cahaya Abadi
Waterboom Cahaya Abadi terletak di Jl. Pahlawan, Kampung Dangdeur, Desa Kiangroke, Banjaran, Kabupaten Bandung, telepon: 0813-2232-2803/ 0822-1800-0132. Di lokasi ini pun banyak spot menarik untuk background foto-foto dengan hadirnya aneka patung binatang hingga buah-buahan.Waterboom Cahaya Abadi kini berkembang dengan pesat menjadi arena rekreasi keluarga.

Tempat ini mulanya hanya menyediakan fasilitas penginapan dan kolam renang seadanya. Kini, dengan jumlah rata-rata perngunjung per bulan mencapai 5.000 pengunjung dan bisa meningkat 5 kali lipat pada musim libur sekolah, menyediakan berbagai macam fasilitas dan wahana wisata air dan penginapan.

18. Kolam Renang Alhayu Baleendah
Inilah salah satu alternatif destinasi rekreasi air yang sangat cocok untuk keluarga, terutama yang bawa anak-anak. Kolam renang ini pun biasa jadi wahana berenang anak-anak. Namanya kolam renang Alhayu yang berlokasi di Jln. Siliwangi, Baleendah, telepon:  (022) 8888-2316. Wisata rekreasi air dengan konsep waterboom ini terus dipoles oleh pengelola sehingga tambah nyaman dan sangat pas untuk wisata keluarga. Harga tiket masuknya pun terbilang murah hanya Rp20.000.

19. Lakeside Glamping Rancabali
Lokasinya persis di pinggir Situ Patenggang (Patengan). Ciri khasnya adalah fasilitas tempat makan berbentuk perahu pinisi dan tempat berkemah ekslusif di area Situ Patenggang. Selama ini Situ Patenggang menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi.

Selain menyajikan pemandangan keindahan alam, di sini pun ada fasilitas naik perahu, kuliner khas Ciwidey aneka tempat souvenir, atau berkunjung ke Batu Cinta yang ada di pulau di tengah-tengah danau yang memiliki luas sekitar 45.000 hektare ini. Situ Patenggang sendiri adalah bagian dari cagar alam dan pada tahun 1981 dilakukan pengembangan hingga akhirnya lebih dikenal sebagai taman wisata alam. Saat ini, Situ Patenggang Ciwidey dikelola oleh PTPN VIII.

20. Penangkaran Rusa di Kampung Cai Rancaupas
Tempat wisata yang kini lebih dikenal dengan Kampung Cai Rancaupas tersebut menyediakan arena camping ground, kolam renang, hingga wisata interaksi dengan rusa. Di tempat inilah habitat rusa-rusa yang sangat alami. Katanya, rusa-rusa tersebut dulunya didatangkan dari Kebun Binatang Ragunan, Jakarta. Beda halnya dengan memberi makan rusa seperti di Kebun Raya/Istana Bogor, di tempat konservasi fauna ini pengunjung berhadapan langsung dengan rusa tanpa terhalang pagar.

21. Bandung Indah Waterpark
Salah satu pilihan wisata berenang untuk anak-anak ada di daerah Bandung selatan. Adalah Bandung Indah Waterpark yang berada di kawasan Lanud Sulaiman, Kopo-Sayati. Tempat wisata ini berada di area Pangkalan Udara TNI AU. Area ini pun masuk dalam kawasan Bandung Indah Golf. Objek wisata Bandung Indah Waterpark sudah berdiri lumayan lama. Tempat ini pula kerap menjadi pilihan bagi yang ingin wisata sekaligus olahraga air. Di area gerbang masuk Lanud, ada tulisan Padang Golf  dan Gelanggang Bandung Indah. Harga tiket Bandung Indah Waterpark (BIW): Senin - Jumat : 15.000 rupiah, Sabtu: 25.000 rupiah, Minggu: 30.000 rupiah.

22. Taman Bougenvile, Gunung Puntang
Lokasinya di Jln. Gunung Puntang, Desa Campaka Mulya, Kec. Cimaung, Banjaran-Pangalengan Kab. Bandung. Anda bisa menikmati suasana alam dengan hutan pegunungan, sawah, ladang yang memberikan nuansa asri, alami yang menentramkan hati setiap pengunjung.

Untuk mencapai lokasi tempat wisata keluarga atau gathering kantor ini, dengan kendaraan pribadi keluar dari tol Buah Batu, belok kanan ke arah Bojongsong, di pertigaan ambil ke arah Banjaran. Dari Banjaran terus saja hingga ke Alun-Alun Banjaran, ambil kiri ke arah Gunung Puntang (Cimaung).

Untuk fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung Taman Bougenville, di antaranya Taman Alam., Kolam Renang., Alur Luncur dan Waterboom, Arena bermain anak, Rafting, Kids Outbond, ATV, dan lainnya.