Review

Orchid Forest Cikole, Destinasi Wisata Favorit Kekinian di Bandung



Orchid Forest Cikole

Mengusung konsep Nomadic Tourism, Orchid Forest di Cikole, Lembang hadirkane destinasi wisata petualangan di alam terbuka. Kehadiran tempat wisata alam di Bandung Utara ini menarik perhatian Menteri Pariwisata Arief Yahya yang hadir dalam soft launching Orchid Forest pada Jumat, 24 Agustus 2018. Penampilan tarian selamat datang dengan diiringi musik dari Saung Udjo menyambut Menteri Pariwisata RI Arief Yahya beserta para rombongan.

Baca juga:
Harga tiket dan fasilitas di Orchid Forest Cikole

Menpar menyaksikan langsung suasana destinasi wisata hutan pinus kawasan Lembang yang lokasinya di kawasan jalan menuju Gunung Tangkuban Parahu tersebut. Orchid Forest pun akan dijadikan sebagai pilot Project Nomadic Tourism dan Ecotourism Kemenpar. Berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut (Mdpl) dengan suhu 17 hingga 20 derajat Celcius, menjadikan tempat wisata menjadi geografis yang ideal bagi kehidupan flora khususnya anggrek

Menurut Menpar, nomadic tourism cocok untuk amenitas seperti glamorous camping atau glamping/glamp camp. Hal ini banyak diminati traveller dunia. Karena, menjadi pilihan selain hotel berbintang. Dan tentunya juga, sesuai era kekinian, Orchid Forest menjadi destinasi wisata digital yang banyak diburu netizen. Destinasi sendiri digital dikategorikan menjadi tiga, yaiti:
- Destinasi Digital Nature yang berbasis alam
- Destinasi Digital Culture dengan tema budaya
- Destinasi digital Man-made seperti pasar

Orchid Forest akan melengkapi kekayaan destinasi di Jawa Barat. Khususnya Bandung. Orchid Forest adalah taman wisata yang memadukan konsep Edu-tourism, Eco-tourism, dan Sport-tourism. Semua dibalut dengan suasana keindahan alam hutan pinus serta pesona anggrek spesies dan hybrid. Selain itu dilengkapi dengan konsep entertain seperti kegiatan outbound, pujasera, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang di kemas dengan tema "One Stop Family Adventure".

Fasilitas Orchid Forest Cikole
Beberapa sajian menarik disajikan di Orchid Forest, di antaranya:
1. Permainan lighting di malam hari, dimana.cahaya warna-warni menyorot ke arah batang-batang pinus yang usianya sudah ratusan tahun.
2. Garden of light, instalasi taman lampu yang interaktif, mirip bunga yang berganti-ganti warna.
3. Adanya sensor gerak dan suara. Jadi ketika orang berjalan-jalan keliling, taman lampu akan menyala sendiri di sekitar pergerakan orang.
4. Wood Bridge, berupa jembatan gantung 150 meter yang menyala di malam hari. Jika malam, pengunjung bisa selfi dan foto-foto di atas jembatan yang bisa bergoyang-goyang, dari pohon ke pohon.
5. Taman neon, dimana ada neon bulat-bulat yang disusun vertikal yang menjadi penghias suasana malam.
6. Orchid House, tempat pembudidayaan anggrek. Baik dari Indonesia maupun dari berbagai belahan dunia. Di antaranya Peru, Amerika Serikat, Filipina, dsb. Bahkan beberapa di antaranya merupakan angrek langka. Orchid Forest juga membudidayakan bunga bangkai.

Fasilitas lainnya ada teras paphio, lapangan multifungsi, dan amphitheathre dengan tempat duduk dari kayu untuk menyaksikan atraksi. Di kawasan wisata dengan luas luas sekitar 12 hektare ini dikelilingi dengan jajaran pohon pinus besar yang rindang dan asri.

Harga tiket dan jam operasional Orchid Forest Cikole
Harga Tiket masuk  Orchid Forest Lembang Rp 30.000/orang dan bagi yang bawa kamera DSLR Rp 50.000/orang. Adapun waktu operasionalnya untuk hari biasa dari pukul 09.00 s.d. 18.00 WIB dan akhir pekan pukul 08.00 s.d. 19.00 WIB. Harga tiket parkirnya Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Bagi pengunjung ada tiket terusan untuk menikmati berbagai fasilitas tambahan seperti spot foto atau arena peramainan dengan kisaran Rp 15.000. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

Aksesibilitas ke  Orchid Forest Cikole
Orchid Forest yang berlokasi di Jln. Tangkuban Perahu km. 8, Cikole, Lembang, mudah dijangkau baik dari arah Bandung maupun dari via tol Cipali - Subang - Lembang. Bila dari Stasiun Bandung naik angkutan umum ke arah Lembang disambung ke Cikole. Dari Terminal Leuwipanjang bisa naik bus ke arah Indramayu/Subang turun di Cikole. Dari Terminal Leuwipanjang atau Cicaheum bisa naik bus DAMRI ke Terminal Ledeng lalu naik angkutan umum ke Lembang dan disambung angkot ke Cikole. Untuk lebih mudah naik kendaraan umum, dari terminal atau stasiun di Bandung, disarankan naik layanan transportasi online.

Instagram dan nomor kontak Orchid Forest Cikole
Bila masih penasaran dengan sajian apa saja yang ada di Orchid Forest Cikole, silakan bisa lihat di akun instagram @orchidforestcikole. Untuk info lebih lanjut bisa kontak Orchid Forest Cikole  di nomor layanan ‭0812 2000 3438‬.

Dari tempat wisata ini, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke Gunung Tangkuban Parahu, Ciater, The Lodge Maribaya, Floating Market, De Ranch, Terminal Grafika Cikole, Farmhous Susu Lembang (Rumah Hobbit), atau menjajal aneka kuliner di Alun-Alun Lembang seperti Tahu Tauhid.