Review

Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci, Destinasi Kekinian di Bandung Timur



wisata kaulinan pasir kunci ujungberung

Pada Rabu, 31 Oktober 2018, Wali Kota Bandung meresmikan Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci. Peresmian ini sekaligus pembukaan acara Festival Kaulinan Barudak dan Kaulinan Budak Lembur 2018. Dalam sambutannya Oded M. Danial menyampaikan, Semakin banyak tempat wisata di Kota Bandung khususnya wisata budaya tradisional akan meningkatkan perekonomian Kota Bandung dan pendapatan bagi masyarakat sekitar tempat wisata.

Berlokasi di Pasirjati, Ujungberung
Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci berada di kawasan kaki Gunung Manglayang kawasan Pasirjati, Ujungberung Untuk ke tempat wisata seni budaya ini bisa diakses melalui jalur keluar tol Cileunyi, Jln. Soekarno-Hatta, atau via Jln. Ahmad Yani ke arah Bandung Timur. Antuk aksesn ke Taman Wisata Pasir Kunci, Anda bisa menggunakan kendaraan angkot Cicaheum- Cileunyi dan turun di Pasar Ujungberung dari sana bisa naik ojek.

Tempat wisata kawasan Jalan Pasir Kunci, Ujungberung, Kota Bandung. Di spot wisata alam ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Bandung. Sehingga dari ketinggian dan tentunya bisa puas berswafoto dengan view menakjubkan. Berada di ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut, suasana sejuk langsung menyapa begitu memasuki jarak beberapa ratus meter sebelum sampai di Kampung Wisata Pasir Kunci, Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujung Berung.

Memang, membutuhkan sedikit perjuangan menuju tempat ini. Jalanan berliku dan menanjak harus ditempuh dalam jarak sepanjang 2 kilometer dari Pasar Ujung Berung. Meskipun Kampung Pasir Kunci berhubungan langsung dengan Gunung Palasari , Gunung Manglayang yang tertutup kabut tipis tampak begitu jelas dari pandangan.

Spot selfie favorit di Bandung Timur
Wisata Pasir Kunci biasa disebut juga Taman Selfi. Spot yang paling menarik untuk berfoto di tempat ini adalah tempat yang berlatar belakang pemandangan Gunung Manglayang. Di sinia ada area terbuka dan saung-saung dimana pengunjung bisa menikmati berbagai makanan khas Sunda. Di saung lainnya, yakni di Saung Padepokan, pengunjung bisa melihat berbagai kegiatan seni seperti calung, angklung, seni bela diri, dan sebagainya.

Desa Wisata Pasir Kunci sendiri secara wilayah administratif merupakan sebuah kampung yang berada di wilayah otonomi Pemerintah Kota Bandung. Tepatnya berada di RW 11 Kelurahan Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung.  Konsep ala pilemburan pun bisa ditemui di sini dengan adanya kolam-kolam ikan  yang biasa digunakan untuk memancing oleh pengunjung. Tempat wisata ini biasanya ramai pada akhir pekan atau hari libur.