Bank BJB

Bank BJB

Berenang Seru di Tektona Waterpark, Kawasan Wisata Terpadu Kampung Batu Malakasari Baleendah




tektona waterpark kampung batu malakasari
Tektona Waterpark di kawasan wisata Kampung Batu, Rencong, Baleendah, Kab. Bandung

Bila Anda dan keluarga ingin melepaskan penat setelah beberapa bulan berdiam di rumah, wisata Kampung Batu Malakasari di kawasan Rencong, Baleendah, Kab. Bandung bisa jadi pilihan. Dengan lokasi wisata seluas 50.000 meter persegi ini, pengunjung bisa wisata berenang, naik perahu, outbond, fun games, hingga mencicipi kuliner.

Pada Kamis, 2 Juli 2020, tim akun Instagram @wisata_bandung menyambangi tempat wisata di Bandung Selatan ini. Untuk rute menuju Kampung Batu Malakasari bisa gate toll Buah Batu ke arah kanan - Bojongsoang - Dayeuhkolot - Rencong (Borma) - tak jauh dari Borma belok kanan Kampung Batu Malakasari (ada plang petunjuk di belokan).

Jikatidak ingin terjebak kemacetan di Pasar Dayeuhkolot, bisa melalui jalur alternatif keluar dari tol Buah Batu ambil jalan ke kanan - Bojongsoang - pertigaan Bojongsoang ambil ke arah kiri/jembatan Citarum - di pertigaan Ayam Bakar Simpang ambil kanan - Tugu Baleendah ambil kanan - Jln. belakang Rumah Sakit Al-Ihsan - pertigaan Jln. Banjaran/SPBU belok kiri ke arah Rencong (Borma) - Kampung Batu Malakasari.

Kawasan wisata terpadu
Di sini ada kolam renang, danau, aula, area food court, masjid, hingga area parkir yang luas. Di lokasi wisata ini bisa jadi tempat liburan anak-anak sekolah, gathering kantor, wisata keluarga, hingga tempat latihan manasik haji anak-anak PAUD/TK. Anda pun bisa berswafoto (selfie) di bebatuan yang ada dekat danau.

Saat kami berkunjung ke tempat wisata ini, memang belum banyak pengunjung. Pertama karena berkunjung di hari biasa (bukan weekend) dan keduanya mungkin karena para pengunjung masih parno dengan Covid-19. Saat berkunjung di tempat wisata di bekas lokasi penambangan batu alam, pengunjung bayar tiket masuk dulu di depan dengan tarif masuk:

- Tiket dewasa Rp 15.000 dan anak dengan tinggi lebih dari 80 cm Rp10.000
* Khusus pemesanan paket makan timbel, tiket dewasa bisa ditukarkan dan dapatkan potongan harga Rp5.000 (tidak berlaku untuk menu lainnya).

Berenang di Tektona Waterpark
Salah satu wahana wisata air yang paling favorit di sini adalah Tektona Waterpark. Tempat main air ini dilengkapi dengan berbagai jenis kolam yang menarik diantaranya toots pool, kids pool, semi olimpic, kolam arus, dan kolam ombak.

Bagi para pengunjung juga tidak usah khawatir karena tektona waterpark dilengkapi juga team lifeguard dan klinik kesehatan sehingga tetap aman dan nyaman. Di area waterpark ini pun dilengkapi tempat untuk duduk, kamar ganti, kamar bilas, hingga mushola dengan ukuran lumayan luas.

Untuk harga tiketnya (update 2 Juli 2020):
> Senin - Jumat: Rp35.000
> Sabtu - Minggu: Rp40.000
*Anak > 80cm dikenakan biaya yang sama

Fasilitas lainnya yang ada di sini adalah saung-saung di berbagai titik (pokoknya banyak banget) buat botram atau makan bersama. Bisa juga untuk berkumpul sampai berleha-leha di alam terbuka. Saung-saung ini disewakan per jam Rp15.000. Lokasi lainnya yang cocok buat yang hobi motret adalah kawasan danau di tengah bukit bebatuan. Di danau ini pun pengunjung bisa menyewa perahu sambil melihat-lihat pemandangan alam.

Sementara buat anak-anak bisa ke wisata edukasi berupa area peternakan sapi, domba, kambing, kelinci dan penangkaran rusa totol, aneka hewan unggas, perikanan hingga wahana outbound dan flying fox. Untuk flying fox dijamin seru karena lintasannya sepanjang 120 meter melewati area danau. 

Buat info lebih jauh mengenai Kampung Batu Malakasri/Tektona Waterpak, silakan bisa pantau di akun Instagram @kampungbatu.