Profil Ucup Palentin Pemeran Ubed di Sinetron Preman Pensiun




Foto Ucup Palentin Pemeran Ubed di Sinetron Preman Pensiun

Ubed, sosok dari tim copet di "Preman Pensiun" ini punya ciri khas suka bawa tas ransel di depan dan kerap kali sukar memahami apa yang dikatakan Saep. Ia pun bimbang ketika berposisi di antara dua pilihan: terus nyopet atau ikut saran Dewi untuk kerja yang halal. Kelihaiannya mencopet sudah teruji saat ia pertama gabung dengan tim copet.

Dengan dibimbing supervisor Saep, maka Ubed pun menjadi tumpuan Saep dan Juned (bos copet) dalam urusan mengumpulkan uang secara instan. Namun, kehadiran Dewi mengubah pola hubungan di antara genk copet. Inilah yang kemudian menjadikan Ubed berada di dua kutub. Maklumlah, Dewi adalah wanita yang sanggup merontokkan hati Ubed dan kerap menjadi teman curhat di Taman Cuanki (Taman Lansia). Sementara di sisi lain, Ubed harus berada dalam kutub satu lagi yakni one for all, all for one alias sikap setia kawan pada Juned dan Saep.

Profil Pemeran Ubed
Aktor yang memerankan sosok Ubed nama lengkapnya Yusup atau biasa dipanggil Ucup Palentin. Pria kelahiran tanggal 13 Desember ini tinggal di daerah Lembang. Ia dulu pernah bersekolah di SMAN 1 Lembang. Pengalamannya di dunia hiburan, dari kecil Ucup biasa manggung di panggung panggung, seperti main kabaret, tampil di acara Rajaban, hingga menjadi MC. 

Di masa SMA, ia aktif di teater dengan bimbingan langsung dari Kang Kemal Ferdiansyah, seorang seniman teater di Kota Bandung. Untuk lebih mengasah ilmu seni peran, Ucup lalu bergabung di Anka Andika Production (AAP) yang biasa menggelar latihan teater di Dago Tea House. Di Aap, Ucup kerap ikut pentas kabaret. Lebih dari itu, Ucup pun pernah bergabung di Studiklub Teater Bandung (STB) dan Laskar Panggung. Ucup juga dekat dengan pemain lain yang sama-sama pernah di AAP, diantaranya Sandi Tile (pemeran Amin) dan Pangeran Tyson (pemeran Joni). Bahkan Sandi pernah mengajaknya untuk ikut casting-casting di Jakarta. Dan Ucup pernah main di sinetron juga FTV.

Cita-Cita: Ingin Jadi Tentara
"Da hirup saya mah atuh, ngaguluyur saja. Kalau cita-cita waktu kecil mah pengen banget jadi tentara karena lingkungan tempat tinggal saya di Lembang dekat dengan kompleks TNI. Eh, tapi akhirnya saya malah ancrub di dunia hiburan. Saya pun pernah ikut jadi dancer bahkan sampai jadi manajer dancer. Di dunia dancer pula, pada 2007 nama Ucup Palentin itu mulai disematkan," papar pria yang suka makan lotek ini.

Nama Ucup Palentin ia ingat pertama disematkan, pada Februari 2007. Saat itu ia jadi bagian tim pengisi event Proliga di Bali, nama "Palentin" disematkan oleh Kang Yuki (pimpinan group dancer Yukitanari). Sebelumnya, Ucup dikenal dengan nama Ucup LBG alias Ucup Lembang. Dirasa kurang ngeunaheun, maka bergantilah ia menjadi "Ucup Palentin" . Selain pernah jadi dancer, Ucup juga pernah siaran di South East (SE) Tropicana. Pada 2008 ia juga pernah menjajal casting di Jakarta dan kebagian salah satu peran di FTV. Ia juga pernah main di sinetron "The Adventure of Suparman" garapan Aris Nugraha, dimana ia kebagian peran jadi penjahat.

Setelah mencoba menjajal Jakarta, Ucup kemudian kembali lagi ke Bandung. Saat itu, ia sempat merasakan kegalauan. Ia menganggap bahwa dunia hiburan dirasa bukan jalannya. Akhirnya, Ucup mencoba banting setir dengan mencoba bisnis jualan sepatu, kaos, dan barang lainnya yang kiranya bisa mendukung penghidupan. Rupanya, dunia seni peran yang Ucup sebut "hobi yang yang sesuai dengan jiwa" kembali memanggil dirinya. Di Bandung inilah, dunia entertain kembali ia jajal ketika dipanggil untuk memerankan tokoh Ubed di sinetron "Preman Pensiun".

Suka Menyendiri
Pemuda yang hobi hiking dan renang ini mengakui bahwa dengan kehadirannya di "Preman Pensiun" telah memberikan efek yang luar biasa bagi dirinya. Antusiasme masyarakatlah yang menjadi indikator kerjanya di dunia akting diapresiasi. Ucup kini lebih dikenal sebagai sosok si pencopet dan ia punya nama baru: Ubed. Di sini, pria penggemar film Moulin Rouge ini mengakui sangat menikmati peran Ubed karen karakternya tidak jauh dengan dirinya. Ia merasakan sangat lepas ketika memerankan tokoh Ubed juga gaya bicara Ubed yang memang sesuai dengan dirinya yang kental dengan logat Nyunda. 

Sementara bicara dalam keseharian, Ucup menuturkan:
"Saya mah kalau lagi pengen sendiri, suka jalan kaki sendiri we mapay-mapay jalan atau sekadar nongkrong. Untuk nonton film di bioskop pun saya kadang suka sendiri. Ya, kadang main catur pun sendiri...hehehe. Nah, untuk musik mah saya suka musik Britisih Pop Music seperti Oasis dan Coldlay. Untuk musik lokal, saya suka band indie, salah satunya Pure Saturday. Nah, kalau cewek, saya mah suka yang penyabar. Eh... keceplosan!" *Abah

♦ Akun Instagram: @ucuppalentin

------------
Info lainnya seputar sinetron Preman Pensiun 4 LIHAT DI SINI

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS