Review

Inilah Tokoh-Tokoh Copet di Sinetron Preman Pensiun





Tim copet yang hadir di Preman Pensiun merupakan para tokoh yang termasuk mampu mengocok perut para penonton. Karakter para copet dengan segala tindak-tanduk yang dilakoninya mampu menggiring penonton sisi lain dunia percopetan yang lain dari biasanya. Tim copet ini terdiri dari tokoh-tokoh berikut:

1. Ubed (diperankan Ucup Palentin)
Merupakan sosok copet galau yang awalnya bersinergi dengan copet lain yakni Juned, Saep, Dewi. Juned di Preman Pensiun 1 jadi bos Saep dan Ubed. Sementara Saep dan Ubed keduanya menjalin chemistry sebagai duo copet yang beraksi di angkot. Bagi Saep, partnernya adalah pembawa keberuntungan. Namun Ubed adalah lelaki galau yang ingin mengubah nasib mencari pekerjaan yang halal.

Pencetus sikap Ubed untuk berubah tak lain adalah Dewi (diperankan Dewi Novita) yang membuatnya jatuh cinta pada mantan ratu copet tersebut. Ia rela dagang cilok bareng dengan Dewi. Dewi pun tak habis kesabaran untuk mengajak Ubed kembali ke jalan yang benar. Namun, pada Preman Pensiun 2, Ubed yang sedang fokus dagang cilok, kecantol juga dengan Diza. Inilah yang bikin Dewi cemburu.

2. Juned (diperankan Nendi)
Inilah sosok bos copet yang selalu kena getahnya. Ia pun diceritakan kerap galau dengan profesi gelapnya ini. Akibat kelakuan anak buah, ia kerap menjadi bulan-bulanan teror dari para preman, terutama Murad yang kenal dengannya. Ketika para copet mengambil dompet atau handphone milik keluarga Kang Mus, keluarga Kang Bahar, atau para preman, dipastikan Juned selalu menjadi orang pertama yang akan dimintai tanggung jawab oleh Murad.

3. Dewi (diperankan Dewi Novitasari)
Inilah sosok copet cantik yang lebih memilih untuk beralih profesi yang halal. Walaupun keahlian dia mencopet sebenarnya mengalahkan Ubed, Saep, dan Juned. Namun, Dewi lebih memilih untuk mencoba dagang cilok dengan resiko penghasilan lebih sedikit namun halal. Bumbu kisah cintanya dengan Ubed menjadi pemanis di Preman Pensiun. Pertemuan keduanya di Taman Lansia, Bandung menjadi ciri khas saat keduanya berdialog. Namun, sosok Dewi pun kerap harus perang batin karena Ubed kerap muncul sikap aslinya yang gampang kepincut kala bertemu wanita canitik. Sosok Dewi ini pula yang dianggap paling berani. Ia bisa masuk lingkaran Kang Mus bahkan bisa menjadi teman curhatnya keponakan Kang Mus yang bernama Dea.

4. Saep (diperankan Icuk Baros)
Inilah sosok copet yang konsisten dalam dunia percopetan. Tak peduli rekan satu timnya mulai mundur dari dunia percopetan, ia tetap memutuskan untuk berada di dunia comot dompet ini. Bahkan, ia pun tak kapok walaupun karena aksinya, ia pernah dijebloskan ke penjara. Pada Preman Pensiun 2 episode awal, Saep diceritakan kembali ke dunia percopetan. Bahkan, kini punya tiga anak buah yang ia training langsung, yaitu:
- Arman (diperankan Aditya Peratama)
- Enang (diperankan Aldy Gomer)
- Putri (diperankan Birgita Putri).

Namun lagi-lagi kesialan demi kesialan kerap kali menghinggapi Saep, dari ditodong sampai berurusan dengan preman-preman. Belum lagi ekspansi aksinya ke pasar pun mengalami kendala karena ujung-ujungnya harus berurusan dengan para preman.