Review

Kampoeng Sawah, Wisata Kuliner Keluarga di Soreang





Bagi para wisatawan, destinasi wisata di Bandung Selatan identik dengan Ciwidey. Namun, di jalur ke arah Ciwidey pun sebenarnya banyak tempat wisata keluarga yang bisa coba disambangi, salah satunya tempat wisata Kampoeng Sawah. Lokasinya di Jln. Gandasari no. 152, Soreang, Kabupaten Bandung. Saat tim wisatabdg.com menyambangi tempat ini, suasana sejuk dan nyaman langsung terasa. Tempat kuliner ini sangat cocok buat kumpul-kumpul.

Kampoeng Sawah termasuk kawasan wisata terpadu yang menyajikan suasana tempat wisata yang sangat pas untuk rekreasi keluarga. Fasilitas Kampoeng Sawah terbilang komplit dari area wisata kuliner hingga wisata waterpark. Kedua layanan itu memang biasa dikenal oleh para wisatawan yang biasa berkunjung ke sini. Di dekat saung-saung tempat makan pun ada tempat bermain anak. Fasilitas lainnya ada parkiran luas, musala, dan toilet.

Aneka menu makanan khas Sunda
Untuk fasilitas pertama ada restoran khas Sunda dengan sajian bangunan-banguna yang terbuat dari kayu. Suasana di restoran ini benar-benar ala pilemburan dengan aneka sajian menu yang nyunda pisan. Suasana sejuk dan adem sangat terasa saat duduk santai di gazebo-gazebo yang berada di atas kolam.

Bahkan di saung-saung yang ada di area depan, di bawahnya ada aliran air dengan ikan-ikan berseliweran dan mudah untuk disentuh sekalipun. Sementara bagi yang ingin menggelar acara atau pertemuan melibatkan banyak orang bisa memilih area makan di dalam ruangan dengang ratusan kursi yang disediakan.

Untuk menunya, resto ini memiliki menu masakan khas Sunda seperti ikan bakar dan goreng, ayam bakar/goreng, nasi liwet, yang disajikan lengkap bersama sambal dan lalap yang mantap Untuk menikmati menu paket komplit hanya dengan Rp.200.000, sudah bisa menikmati aneka menu makanan untuk lima orang. Untuk menu lainnya yang per satuan, harganya pun ramah di kantong.

Beberapa menu yang ditawarkan di rumah makan Kampoeng Sawah di antaranya
- Sop gurame: Rp72.500 (besar) dan Rp65.000 (kecil)
- Gurame goreng: Rp67.000 (besar) dan Rp59.750 (kecil)
- Gurame bakar Rp70.000 (besar) dan Rp63.850 (kecil)
- Ikan mas goreng: Rp24.500
- Ikan mas bakar Rp26.250
- Ikan mas bakar cobek: Rp28.700
- Karedok: Rp13.500
- Pencok leunca: Rp10.000
- Sate ayam: Rp30.000
- Sambel dadak: Rp7000
- Sambel goreng: Rp7000
- Sate sapi: Rp37.500
- Petai: Rp12.000
- Gepuk: Rp21.000
- Pepes peda: Rp13.500
- Pepes ikan mas: Rp31.000
- Es jeruk: Rp15.000
- Es kelapa muda: Rp18.000
- Bandrek: Rp12.000

Di restoran ini bisa dijadikan tempat kumpul keluarga, reuni, arisan, atau menggelar resepsi pernikahan. Fasilitas lainnya ada kolam pemancingan yang sangat luas. Anda dan keluarga bisa bersama-sama memancing di kolam pemancingan Kampoeng Sawah. Untuk memancing bisa sendiri atau paket rombongan.

Waterpark Kampoeng Sawah
Untuk rekreasi sambil olahraga, bisa nyebur di kolam renang Kampoeng Sawah. Lokasi kolam renang berada persis di sebelah area makan. Di sini ada lima kolam renang untuk anak dan dewas. Kolam renang merupakan fasilitas unggulan di Kampoeng Sawah. Sumber airnya pun dari air tanah yang higienis alias bukan olahan yang kadang bikin mata perih.

Tempat Wisata keluarga di ibu kota Kabupaten Bandung ini selalu ramai saat akhir pekan atau saat musim liburan. Untuk tiket waterpark Kampoeng Sawah hanya Rp25.000. Fasilitas di waterpark terbilang lengkap dimana ada seluncuran dan ember tumpah yang bikin anak-anak tambah betah main air. Sementara fasilitas penunjang lainnya ada areal parkir luas, mushala, dan toilet.

Akses ke Kampoeng Sawah
Untuk ke tempat wisata yang buka dari pukul 8.00 hingga pukul 21.00 ini, pengunjung bisa mengaksesnya dari jalur keluar tol Kopo - Sayati - Margahayu - Soreang - Kampoeng Sawah. Atau keluar Tol Buah Batu - Bojongsoang - Banjaran - Soreang - ambil arah Jln. Gandasarari - Kampoeng Sawah (dekat Dinas Perhubungan Kab. Bandung).

Dari tempat wisata Kampoeng Sawah, Anda bisa menyambangi tempat wisata lainnya yang ada di dekatnya. Anda bisa langsung meluncur ke kawasan wisata alam Ciwidey seperti ke Ciwidey Valley Resort, Barusen Hills, Kawah Putih, Glamping Lakeside Situ Patenggang, Bumi Perkemahan Rancaupas, Taman Kelinci, Kawah Rengganis, dan lainnya. Atau, berfoto-foto di depan Gedong Budaya Sabilulungan dan Taman Kota Soreang yang dipenuhi tanaman bunga nan cantik. Di sekitaran Soreang atau jalur Jln. Banjaran - Soreang bisa juga hunting kuliner.

Kampoeng Sawah
Jl. Gandasari No. 152, Soreang, Kab. Bandung
[Lihat peta lokasi]
Telepon: (022) 5892396
Jam buka: pukul 08.00 - 21.00 WIB